Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba Serbi Album Alunan Syurga dari Syakir Daulay, Salah Satu Lagu Berduet dengan Adiba Khanza

Kompas.com - 13/04/2021, 08:19 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila bulan puasa sebelumnya hanya menyajikan sebuah singel, kini penyanyi Syakir Daulay menyambut bulan suci Ramadan kali ini dengan merilis album bertajuk Alunan Syurga.

Tidak main-main, ada sepuluh lagu dalam album tersebut seperti "Sholawat Corona (Sholatullah)", "Nabiyil Huda", "Salamualaika ya Nabi", dan "Syaikhona".

Ada juga "Ya Muhaimin Yaa Salam", "Ilahilas", "Khoirol Bariyyah", "Man Ana Yaa Saikhi", "Marhaban Ya Ramadhan", dan "Yaa Rabbi Shalli".

Alasan nama Alunan Syurga

Tidak asal pilih untuk nama album tersebut. Syakir mengungkapkan mengapa nama Alunan Syurga yang dipilih sebagai tema besar albumnya tersebut.

"Karena maunya setiap orang yang mendengar lagu-lagu di album ini, seperti mendengar alunan Surga. Maksudnya, dia jadi semangat untuk mengejar Surga,” ungkap Syakir.

Baca juga: Syakir Daulay: Kalau Kolaborasi Hati, Tanya Adiba Khanza Saja

Campuran Arab dan Indonesia

Bukan seperti lagu sebelumnya yang hanya menggunakan bahasa Arab, Syakir juga menambahkan bahasa Indonesia di dalamnya.

Pria kelahiran Januari 2002 itu mengatakan setiap lagu yang ada di dalam Alunan Syurga ini mudah didengar dan dipahami.

"Kalau ini ada Indonesianya, musiknya juga lebih variatif, ada pop, mellow. Pokoknya macam-macam, jadi menawarkan banyak warna dalam album ini secara musiknya. Jadi Insya Allah enggak bosan kalau dijadikan playlist,” ungkap Syakir.

Pesan

Lirik yang disajikan bukan hanya deretan kata kiasan yang tidak mengandung arti. Syakir pun mengungkapkan pesan yang ada di dalam albumnya tersebut.

"Pertama, jadi makin cinta sama Nabi Muhammad, karena banyak selawat-selawat dan kisah-kisah Rasulullah di dalam album Alunan Syurga ini. Dan mereka juga semakin menjadi orang yang baik secara manusiawinya dan hubungan kepada Allah,” ujar Syakir.

Baca juga: Didoakan Berjodoh dengan Syakir Daulay, Begini Tanggapan Davina Karamoy

Duet

Dalam album Alunan Syurga, Syakir mengatakan ada satu hingga dua lagu yang berduet dengan Adiba Khanza.

Syakir sangat berterima kasih dengan Adiba karena menerima tawaran duetnya meski di tengah kesibukannya sebagai mahasiswa.

"Dia sibuk banget kuliah, tapi bisa menyempatkan untuk proyek Ramadhan. Ya sayang banget kalau misalkan enggak dimanfaatkan," kata Syakir.

"Ya senanglah, senang, setelah cuma chatting doang, bisa kerja sama bareng. Kalau kolaborasi hati, enggak tahu deh, tanya Adiba saja," ucap Syakir melanjutkan sambil tertawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com