Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengaku Tak Punya Bakat Menyanyi, Doel Sumbang: Saya Mungkin Kerasukan Elvis Presley

Kompas.com - 07/04/2021, 18:03 WIB
Vincentius Mario,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Abdul Wahyu Afandi alias Doel Sumbang menceritakan perjalanannya hingga menjadi salah satu musisi legendaris Tanah Air. 

Saat menjadi bintang tamu di podcast bersama Sule, Doel awalnya mengaku tidak punya bakat menyanyi. 

"Jadi, kakek saya dari ibu, bukan profesional, tapi dia sangat mahir memainkan biola. Bapak saya salah satu aktor di Yayasan Pusat Kebudayaan. Bapak menulis sandiwara radio juga dulu. Jadi memang darah seni mengalir," ujar Doel dikutip lewat kanal YouTube SULE Channel, Rabu (7/4/2021). 

Baca juga: Doel Sumbang Ungkap Asal Mula Namanya, Berawal dari Lagu Bernada Satire

Meski begitu, tetap saja Doel meragukan bakat menyanyinya.

Bahkan, pelantun "Kalau Bulan Bisa Ngomong" ini pernah berpikir bahwa ia hanya kerasukan legenda musik rock dunia Elvis Presley, hingga Elvy Sukaesih. 

"Yang belum ketahuan bakat menyanyi. Ini dari siapa. Saya curiga, saya kerasukan Elvis Presley. Kadang saya kalau nyanyi dangdut ada Rhoma Irama, Elvy Sukaesih. Kalau nyanyi rock, ada Elvis'nya," kata Doel disambung tawa Sule.

Baca juga: Kang Pipit Preman Pensiun Meninggal, Epy Kusnandar hingga Doel Sumbang Berduka

Meski meragukan bakat menyanyinya, Doel Sumbang hingga kini tetap dipandang sebagai salah satu musisi legendaris Tanah Air yang terkenal dengan lagu-lagu Sunda dan lirik bernada satire. 

Doel diketahui meraih kesuksesan lewat duetnya dengan Nini Carlina lewat lagu "Kalau Bulan Bisa Ngomong", "Aku Cinta Kamu", dan "Rindu Aku Rindu Kamu".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com