Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beri Saran ke Musisi Masa Kini, Angga Maliq & D'Essentials: Label Itu Sekarang Sangat Diperlukan

Kompas.com - 23/11/2020, 20:43 WIB
Vincentius Mario,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Maliq & D’Essentials termasuk salah satu band yang sangat jaya di era 2000-an bahkan hingga saat ini.

Di sepanjang kariernya, band tersebut sudah mengeluarkan delapan album, yakni 1st, Free Your Mind, Mata Hati Telinga, The Beginning Of A Beautiful Life, Sriwedari, Musik Pop, dan Senandung Senandika, serta yang terbaru, RAYA.

Baca juga: Gelar Konser, Maliq & D’Essentials Daur Ulang Album Perdana

Sangat terkenal di masanya, vokalis Maliq & D'Essentials, Angga, memberi masukan yang cukup sederhana dan sangat bermanfaat bagi para musisi yang baru merintis jalannya.

Hal tersebut disampaikan Angga ketika berkunjung ke kediaman Rian D’MASIV.

“Band zaman sekarang perlu punya label, tapi enggak seperlu dulu. Kalau dulu perlu banget. Sekarang enggak. Tapi lebih baik pakai label,” ungkap Angga dikutip Kompas.com lewat kanal YouTube Rian Ekky Pradipta, Senin (23/11/2020).

Baca juga: Rendy Pandugo hingga Maliq & D’Essentials Ramaikan Road to Soundrenaline di Bandung

Pria bernama lengkap Ksatria Graha Puradiredja ini juga menyinggung soal fungsi festival-festival musik untuk memacu konsistensi bermusik.

“Pasar bisa diciptakan, kalau kata Efek Rumah Kaca. Pokoknya gimana caranya festival itu buat karena ada (band) kita,” tambah Angga.

Sebagai informasi, MALIQ & D'Essentials adalah sebuah grup musik beraliran jazz dari Jakarta. MALIQ kepanjangan dari Music And Live Instrumental Quality.

Baca juga: Vokalis MALIQ & D’Essentials Istirahat Nyanyi

Sejak penampilan mereka di Jakarta International Jazz Festival 2005, popularitas mereka semakin melejit, terutama di kalangan anak muda Jakarta.

Musik yang dimainkan grup band ini begitu khas dan kadang tidak terkesan seperti lagu-lagu populer Indonesia pada umumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com