Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pengasuhan Anang Hermansyah agar Anak-anaknya Tak Berbohong

Kompas.com - 26/10/2020, 07:59 WIB
Rintan Puspita Sari,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Putra kedua Anang Hermansyah, Azriel mengaku tidak pernah berbohong pada orangtuanya.

Mengenai hal tersebut, Anang kemudian menjelaskan bagaimana ia sebagai ayah, mencoba mengajarkan anak-anaknya untuk memahami setiap langkah yang mereka ambil.

Anang mengajarkan anaknya untuk bisa berbincang dengannya dan mengungkap apa yang sebenarnya mereka inginkan melalui percakapan tersebut.

Baca juga: Disebut Azriel Merasa Paling Benar, Begini Respons Anang Hermansyah

Memang menjadi orangtua pasti sudah memiliki lebih banyak pengalaman, tapi tidak selalu mereka mengerti tentang kehidupan anak muda zaman sekarang.

Cara mendidik seperti itu didapat Anang dari ayahnya.

"Karena dulu ayah, almarhum kakeknya kamu, pipi sama ayah itu, ayah adalah sahabat, pipi punya masalah apapun orang yang pertama pipi ajak diskusi adalah ayah," kata Anang, seperti dikutip dari vlog The Hermansyah A6, Minggu (25/10/2020).

Baca juga: Lihat Azriel Pacari Sarah Menzel, Anang Minta Anaknya Serius

Anang meyakini pengalaman orangtua dan anak yang hidup di zaman yang berbeda tentu saja juga berbeda.

"Makanya pipi ngadepin kamu, ngadepin kakak kamu, terbuka aja, kamu mau apa ngomong aja, karena pada saat kamu memiliki tanggung jawab, alasan yang kuat dengan apa yang kamu lakukan, dan kamu siap mempertanggungjawabkan, silakan," ucap suami Ashanty itu.

Musisi asal Jember itu menekankan pentingnya melakukan diskusi dalam keluarga, apapun itu. Sehingga orangtua bisa tahu cara berpikir, apa yang akan dilakukan, diputuskan anak, dengan sering melakukan diskusi.

"Kenapa ayah ngomong begini, karena kamu harus punya jiwa seperti ini nanti di anak-anakmu, karena lebih nyaman untuk kamu tahu 'ya aku sudah tahu anak gue paling begini, kalau kita begini dia melakukan ini,' jadi kamu tahu," ujarnya berpesan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com