Kompas.com - 25/10/2020, 20:15 WIB
Anang Hermansyah mencoba kendaraan Komodo yang diproduksi PT Pindad. YouTube The Hermansyah A6Anang Hermansyah mencoba kendaraan Komodo yang diproduksi PT Pindad.

JAKARTA, KOMPAS.com- Musisi Anang Hermansyah merespons putranya, Azriel yang menyebut dirinya sosok yang tidak mau kalah dalam perdebatan dan merasa paling benar.

Ketika harus jujur menyebut sikap Anang yang menurutnya paling menyebalkan, Azriel sambil tersenyum menyebut ayahnya selalu merasa paling benar dan tidak mau kalah.

Kemudian Anang memberi penjelasan mengapa ia bersikap seperti itu.

Baca juga: Lihat Azriel Pacari Sarah Menzel, Anang Minta Anaknya Serius

"Kenapa harus defense dan menganggap kamu benar misalnya, supaya eksplorasinya diskusi antara orang yang bilang itu salah, itu menemukan sebuah keseimbangan, kalau ternyata terjadi lagi," jelas Anang pada Azriel dikutip dari vlog The Hermansyah A6, Minggu (25/10/2020).

Maksud dari ucapan Anang adalah, dari diskusi tersebut, dengan mempertahankan argumen, ke depannya dia berharap anaknya bisa menemukan cara menghadapinya.

Jadi, memiliki alternatif lain ketika harus berdebat lagi.

Baca juga: Anang Hermansyah Dioperasi, Ashanty Beberkan Penyebabnya

"Pasti ayah akan begini, aku akan begini, oh enaknya gimana ngadepinnya supaya enggak terjadi perdebatan, gini aja ngomongnya," ujar Anang.

Jadi bukan hanya serta merta marah, tanpa memberi pandangan kenapa marah, kenapa harus seperti itu.

"Selalu bertanya, selalu memberi pandangan, karena aku melakukan ini karena kamu begini, enggak mungkin aku marah enggak ada alasan," ucap musisi asal Jember itu menasihati putranya.

"Besok kamu adalah pemimpin, terus kamu semena-mena terhadap apa yang kamu pimpin, kamu enggak dapat apa-apa, kamu hanya akan menemukan diri kamu sendiri," lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.