Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bareng Si Nopal, Facebook dan Instagram Ajak Netizen Bijak Saring Informasi

Kompas.com - 12/08/2020, 21:35 WIB
Melvina Tionardus,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Media sosial Facebook dan Instaram yang bernaung dalam satu perusahaan mengadakan kampanye #NyamandiSosmed selama sebulan ke depan.

Kampanye ini bertujuan untuk mengajak netizen Indonesia memahami lebih jauh tentang kendali yang mereka miliki agar tetap aman dan nyaman saat berada di Facebook dan Instagram.

Selain itu, warganet diharapkan bisa memanfaatkan ragam fitur untuk membangun komunitas serta menjadikan interaksi di ranah online lebih bermakna dan menyenangkan.

Baca juga: 2020, Animasi Si Nopal Bakal Tambah Karakter Baru

Public Policy untuk Facebook di Indonesia, Karissa Swajaldy menyadari dua platform media sosial ini bertujuan membantu seseorang untuk terhubung dengan teman, keluarga, perhelatan lokal, dan komunitas yang sesuai dengan minat mereka.

"Karena itulah kami terus mengajak masyarakat di Indonesia untuk memanfaatkan fitur-fitur keamanan di Facebook dan Instagram agar dapat menikmati pengalaman di ranah online secara optimal,” kata Karissa Sjawaldy, dalam konferesi pers yang diikuti Kompas.com, Rabu (12/8/2020).

Selain itu, Facebook dan Instagram berkolaborasi dengan komikus muda Indonesia, Naufal Faridurrazak, yang dikenal lewat karya animasinya, Si Nopal.

Baca juga: Saat Si Nopal dan Cute Girl Akting Bareng Kevin Anggara dan Ria Ricis

Bakal ada empat episode Si Nopal bersama karakter Abah, Cutie, dan Caty yang akan ditayangkan setiap minggunya melalui halaman Facebook dan akun Instagram Si Nopal, serta halaman Facebook Indonesia.

Tentunya konten-konten video ini secara tidak langsung memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai misinformasi yang sering beredar di dunia maya.

"Pas pertama dengar aku benar-benar tertarik karena aku ini kan orangnya aktif banget di media sosial. Terutama untuk branding, hiburan, unggah konten-konten aku. Aku juga pengin banget buat ikut serta untuk mengedukasi orang-orang, bagaimana sih aman dan nyamannya di Facebook dan Instagram," kata Naufal.

Baca juga: Mengenal Sosok di Balik Tokoh-tokoh Animasi Si Nopal

Selain membagikan tips tentang bagaimana bersikap lebih bijak saat menggunakan media sosial, Facebook dan Instagram juga akan bekerja sama dengan Nur Alif Ramadhan, seorang kreator muda di balik akun animasi Dalang Pelo (@dalangpelo).

Dua karakter utama akun Dalang Pelo, Acil dan Leri, akan membagikan tips dan trik mengenali akun bisnis penipu di Instagram dan Facebook melalui video animasi yang interaktif.

Selain serial animasi, kampanye ini juga akan hadir dalam bentuk podcast di kanal #NyamandiSosmed di Box2Box ID.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com