Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Candra Darusman: Musisi di Panggung Tertawa, Saat Pulang Pikirkan Masa Depan

Kompas.com - 10/03/2020, 14:22 WIB
Andika Aditia,
Kurnia Sari Aziza

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi senior Candra Darusman turut berpartisipasi dalam perayaan Hari Musik Nasional di ruang kreatif M Bloc Space, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (9/3/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Candra yang pernah bekerja di World Intellectual Property Organization (WIPO) turut memperkenalkan Federasi Serikat Musisi Indonesia (FSMI).

Organisasi ini bakal menaungi beragam organisasi bidang musik dan bertujuan meningkatkan kualitas dan kesejahteraan para musisi.

Baca juga: Merayakan Hari Musik Nasional 2020, Foto WR Supratman hingga Pembagian Royalti

"Saya dipercaya oleh serikat musisi daerah, Kalimantan, Sumut, Banten, DKI Jakarta, Jabar, dan Jatim yang bikin FSMI ini. FSMI sebagai obor, lilin-lilin kecil. FSMI akan berusaha menyalakan obor di seluruh Indonesia agar memikirkan musisi daerah," ucap Candra Darusman saat ditemui di lokasi acara, Senin.

Dengan terbentuknya organisasi ini, Candra berharap bersama para musisi bisa membenahi persoalan di belantika musik Tanah Air secara perlahan.

Bagi Candra, musik di Indonesia yang begitu heterogen adalah anugerah tersendiri.

Baca juga: Sheila on 7 dan Harapan Mereka di Hari Musik Nasional 2020

"Saya beruntung sempat mengunjungi pelosok dunia. Saya harus mengatakan, tidak ada negara atau bangsa yang punya begitu banyak talenta dan jenis musik," ucapnya.

Namun, di balik semua anugerah itu, Candra mengaku punya tanggung jawab yang harus diemban agar nasib para musisi dari berbagai genre musik bisa lebih baik.

"Ada rasa kewajiban bahwa kita harus memikirkan profesi mereka. Ketika (tampil) di panggung semua tertawa, saat pulang terpikirkan masa depan. Ini kewajiban semua memikirkan masa depan mereka (musisi)," ujar Candra.

Baca juga: Hari Musik Nasional, Fariz RM: Selama 42 Tahun Saya Menunggunya

Di FSMI, selain Candra Darusman, ada pula musisi lain yang terlibat menjadi pengurus yakni Ikang Fawzi (Wakil Ketua), Glenn Fredly (Sekjen), Rieka Roslan (Bendahara), dan masih banyak lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com