Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Musik, Anang Hermansyah Kritisi Portamento di Tempat Umum

Kompas.com - 09/03/2020, 15:20 WIB
Rintan Puspita Sari,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Hari ini, 9 Maret diperingati sebagai hari musik nasional. Tapi bagi musisi, hari ini kembali mengingatkan mereka bahwa masih ada persoalan serius dari sektor musik di Indonesia.

Anang Hermansyah, musisi asal Jember ini termasuk yang mempertanyakan kembali peran Portamento, sebuah platform yang sejak tahun 2017 akan digunakan untuk mengatasi permasalahan pelaku industri musik, seperti masalah hak cipta.

"Supremasi hak cipta masih sangat lemah. Sedangkan tantangan di sektor musik Indonesia semakin kompleks," ujar Anang dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/3/2020).

Baca juga: Sederet Harapan dan Curahan Hati Musisi Indonesia pada Hari Musik Nasional

Portamento sebagai instrumen untuk monitoring pergerakan pemutaran lagu di rumah karaoke, pusat perbelanjaan, kafe, hotel dan tempat obyek wisata, tapi faktanya hingga saat ini tak segera terealisasi.

"Portamento sebagai medium untuk supremasi hak cipta dan royalti pencipta dan penyanyi lagu, sampai sekarang juga tak jelas keberadaannya," keluh Anang.

Menurut Anang, potensi musik di Indonesia cukup menjanjikan. Hanya saja, faktanya, kontribusi musik untuk Produk Domestik Bruto (PDB) tak mencapai 1 persen.

Baca juga: Pesan Slank di Hari Musik Nasional: Hargai Musisi, Hindari Download Bajakan!

Hal itu tak lain karena disebabkan oleh persoalan hak cipta yang tak kunjung diselesaikan oleh pemangku kepentingan.

Seperti implementasi UU No 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta yang dianggap belum maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com