Kompas.com - 09/03/2020, 12:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu grup band legendaris Indonesia, Slank, menitipkan pesan kepada para penikmat musik Tanah Air saat Hari Musik Nasional yang jatuh pada hari ini, Senin (9/3/2020).

Band beranggotakan Kaka, Bimbim, Abdee, Ridho, dan Ivanka ini mengajak masyarakat untuk menghargai musisi. 

Baca juga: The Overtunes: Hari Musik Nasional, Saatnya Apresiasi Musik Indonesia

"Selamat memperingati Hari Musik Nasional. Hargai musisi dengan mengoleksi album asli & hindari download lagu bajakan! #SlankingForever #HariMusikNasional," tulis Slank seperti dikutip Kompas.com dari akun Twitter mereka, Senin.

Ya, unduhan ilegal atau pembajakan masih menjadi persoalan pelik di industri musik Tanah Air.

Baca juga: Armand Maulana: Semoga Hari Musik Nasional Tidak Hanya Diperingati

Tiga tahun lalu, penyanyi dan pencipta lagu, Glenn Fredly, dalam diskusi Musik Bagus Day di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Kamis (9/3/2017), pernah menyampaikan keresahannya tentang itu.

Ia menyebut, kebiasaan mengunduh karya musik secara ilegal sudah seperti kecanduan narkoba.

"Download ilegal itu udah kayak candu, sama aja kayak narkoba. Paling utama kesadaran masyarakat menghargai karya musik, tidak membajak, tidak men-download secara ilegal," katanya.

Baca juga: Hari Musik, Tompi Senang Masih Banyak Orang Suka Nonton Konser

Ketika itu, Ari Juliano yang dulu menjabat sebagai deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi Bekraf, mengatakan, ada tiga masalah utama pembajakan.

Pertama harga produk yang mahal, distribusi tidak merata yang akhirnya membuat orang mencari bajakan, dan terakhir kecanduan terhadap bajakan.

"Banyak orang terdidik masih aja konsumsi (bajakan). Dia tahu itu salah, tapi tetep aja dikonsumsi. Ini udah kayak kecanduan rokok atau narkoba," ujar Ari.

Baca juga: Hari Musik Nasional, Lebih dari 300 Musisi Tanah Air Terima Royalti

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.