Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pihak Traveloka Beri Penjelasan soal Kisruh Pemesanan Tiket Konser IU

Kompas.com - 17/12/2019, 11:53 WIB
Revi C. Rantung,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Traveloka sebagai mitra penjualan tiket konser IU di Jakarta yang diselenggarakan pada tanggal 28 dan 29 Desember 2019 akhirnya buka suara soal kisruh tiket penonton.

Lewat email yang diterima Kompas.com pada Senin (15/12/2019), Traveloka melalui Pranolo Salim selaku Head of Business & Operations Traveloka Xperience menyampaikan penyebab kekisruhan pemesanan tiket yang berlangsung sejak tanggal 27 November.

Dalam keterangan tertulisnya, pihak Traveloka menjelaskan bahwa kekisruhan terkait penjualan tiket konser IU terjadi karena adanya optimalisasi sistem di Traveloka.

"Hal ini disebabkan oleh adanya optimalisasi sistem Traveloka, sehingga menyebabkan (1) terjadinya pemesanan yg terduplikasi dan (2) terdapat pemesanan yg terjadi sebelum waktu yg ditetapkan, pukul 14:00,” kata Pranolo Salim dalam keterangan tertulisnya. 

Dari sinilah yang membuat adanya tiket yang terduplikasi, kata Pranolo. 

“Traveloka menyadari bahwa hal ini sangat memengaruhi proses penjualan tiket 2019 IU Tour Concert LOVE, POEM in Jakarta dan menyebabkan terjadinya pemesanan yang terduplikasi serta pemesanan yang terjadi sebelum waktu yang ditetapkan, yaitu pukul 14.00 WIB,” kata Pranolo Salim dalam pernyataan tertulisnya.

Selanjutnya, pihak Traveloka masih berusaha keras untuk menyelesaikan permasalahan tiket tersebut.

“Oleh karena itu, Traveloka sebagai mitra resmi dari penyediaan tiket 2019 IU Tour Concert LOVE, POEM in Jakarta telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengatasi situasi ini agar pelaksanaan  2019 IU Tour Concert LOVE, POEM in Jakarta dapat berjalan dengan baik,” lanjut Pranolo.

Sementara itu, pihak Traveloka telah melakukan pendekatan personal serta melakukan negoisasi dengan para pembeli yang mengalami kisruh tersebut.

Baca juga: Pembeli Tiket Konser IU Mengeluh Diminta Ganti Tempat Duduk

 “Untuk menanggulangi situasi ini, sejak tanggal 27 November 2019 hingga 11 Desember 2019, Traveloka sebagai mitra resmi penjualan tiket 2019 IU Tour Concert LOVE, POEM in Jakarta, juga telah melakukan pendekatan personal dan melakukan negosiasi dengan masing-masing pengguna terdampak,” ucap Pranolo. 

“Dengan tujuan untuk menemukan solusi terbaik yang dapat mengakomodir kebutuhan semua pihak,” imbuh Pranolo Salim.

Sebelumnya, konser penyanyi asal Korea Selatan, IU, yang akan digelar di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, pada 28 dan 29 Desember mendatang.

Beberapa orang yang membeli tiket melalui Traveloka pada 27 November 2019 diminta pindah dari tempat duduk yang sudah dipesan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com