Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Penataan Pintu Masuk Rumah Menurut Feng Shui

Kompas.com - 22/04/2024, 21:03 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui mengajarkan cara menciptakan lingkungan yang membawa manfaat bagi kehidupan kita. 

Menerapkan feng shui dalam penataan pintu masuk rumah dipercaya bisa membawa energi positif ke dalam rumah. Sebaliknya, salah dalam menerapkan feng shui di pintu masuk rumah bisa membawa dampak negatif yang merugikan. 

Lantas, apa saja kesalahan penataan pintu masuk rumah menurut feng shui? Dikutip dari Homes and Gardens, Senin (22/4/2024), simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Baca juga: 6 Kesalahan Menata Area Pintu Masuk Rumah yang Harus Dihindari

Ruangan dibuat tidak ramah

Ilustrasi area pintu masuk rumahShutterstock/pics721 Ilustrasi area pintu masuk rumah

Membuat area pintu masuk yang tidak ramah merupakan sebuah kesalahan. Steve Kodad, ahli feng shui dan pemilik Sekolah Intrinsik Feng Shui, mengatakan ciri ruangan yang tidak ramah yaitu penggunaan foyer yang menyulitkan mobilitas dan pemilihan warna yang salah. 

Untuk membuat area pintu masuk terasa lebih ramah, salah satu caranya dengan menempatkan cermin yang bisa mewakili elemen air dalam feng shui. Cermin akan memantulkan cahaya alami di ruangan tersebut, sehingga memberikan kesan hangat dan ceria. 

Namun, dalam feng shui penempatan cermin juga tidak boleh sembarang. Cermin tidak boleh terlihat langsung di depan pintu karena bisa memantulkan kembali energi ke luar sebelum digunakan. Lebih baik meletakkan cermin di samping kiri atau kanan pintu masuk. 

Baca juga: 5 Aturan Menata Pintu Masuk Rumah Menurut Feng Shui, Bawa Kemakmuran

Pencahayaan buruk

Kesalahan penataan pintu masuk rumah lainnya yaitu pencahayaan buruk. Anjir Cho, arsitek interior, penasihat feng shui, sekaligus penulis di New York, mengatakan bahwa cahaya dapat mewakili cenergi api. 

Maka dari itu, pintu masuk perlu dibuat terang agar bisa membawa energi positif ke dalam rumah. Pencahayaan lorong bisa ditempatkan di area ini untuk mencegah area pintu masuk terlihat redup dan suram. 

Pintu masuk berantakan

Sama seperti ruangan lain, pintu masuk juga harus dibuat rapi agar dapat memberikan energi positif. Steve Kodad menyarankan untuk mendesain pintu masuk dengan sederhana agar tidak menimbulkan kekacauan. 

Sementara itu, anjie cho mengatakan bahwa kerapian di area pintu masuk sangat mempengaruhi energi kekuatan hitam baik dalam hal kesehatan maupun peluang. Jadi, pastikan area ini selalu rapi dan terorganisir. 

Baca juga: Hindari, Ini 5 Kesalahan Menata Pintu Masuk Rumah Menurut Feng Shui

Pemandangan lurus ke belakang rumah

Ilustrasi karpet berlapis di dekat pintu masukBetter Homes & Gardens/Adam Albright Ilustrasi karpet berlapis di dekat pintu masuk

Pemandangan dari pintu masuk langsung ke belakang rumah juga merupakan kesalahan yang harus dihindari. Dalam feng shui, kondisi ini bisa membuat chi atau energi kekuatan hidup bergerak cepat ke belakang tanpa sempat dimanfaatkan terlebih dahulu. 

Salah satu cara untuk mencegah hal ini terjadi yaitu dengan meletakkan karpet warna-warni di dalam pintu depan. Selain itu, memajang lukisan indah juga bisa menjadi pilihan. 

Tidak memperbaiki bagian yang rusak

Terakhir, kesalahan penataan pintu masuk rumah menurut feng shui yaitu tidak memperbaiki bagian yang rusak. 

Dalam feng shui, bagian rumah yang rusak dan tidak segera diperbaiki dipercaya bisa menimbulkan stres dan dapat menurunkan tingkat kesehatan serta kebahagiaan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com