Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gampang, Ini 4 Cara Mengatasi Kebocoran Pipa di Rumah

Kompas.com - 13/11/2023, 16:27 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebocoran pipa di rumah bisa menjadi masalah serius. Sebab, hal ini dapat menyebabkan sejumlah kerusakan pada struktural rumah, pemborosan air, dan membuat tagihan listrik atau air membengkak.

Karena itu, penting segera mengatasi kebocoran pipa di rumah sebelum menimbulkan masalah lebih besar atau serius.

Dilansir dari Homes and Gardens, Senin (13/11/2023), berikut cara mengatasi kebocoran pipa di rumah dengan mudah. 

Baca juga: 7 Penyebab Kloset Bocor dan Cara Mengatasinya

Matikan pasokan air utama

Ilustrasi keran air panas.Shutterstock/Maxim Studio Ilustrasi keran air panas.
Mematikan pasokan air utama adalah cara pertama dan paling penting yang harus dilakukan saat terjadi kebocoran pipa.

Langkah ini akan mencegah kerusakan air lebih lanjut dan mencegah masalah yang lebih serius. Temukan katup air utama yang biasanya terletak di dekat meteran air atau saluran air yang masuk ke rumah.

Putar katup air utama searah jarum jam untuk menutupnya sepenuhnya. Periksa apakah aliran air telah berhenti.

Jika tetap tidak dapat menemukan katup air utama atau tidak dapat mematikannya, segera hubungi tenaga ahli profesional atau tukang ledeng. 

Baca juga: 5 Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya

Mengeringkan keran

Selanjutnya, cara mengatasi kebocoran pipa di rumah adalah mengeringkan keran air untuk mengurangi tekanan yang tersisa di pipa.

Hal ini akan membantu mencegah kerusakan pipa lebih lanjut dan mencegah pipa pecah di tempat lain.

Buka keran air dan biarkan air mengalir sampai habis. Gunakan lap atau kain untuk mengeringkan keran dari dalam dan luar.

Putar keran ke posisi mati. Jika keran yang bocor tidak dapat dibuka, cari keran yang berbeda di rumah. Anda juga dapat mencoba menggunakan pompa tangan atau alat lain untuk membantu mengeluarkan air selain mengeringkan kerannya secara manual. 

Baca juga: Penyebab Bak Cuci Piring Bocor dan Solusinya

Identifikasi lokasi pipa pecah

Mengidentifikasi lokasi pecahnya pipa dapat membantu Anda menentukan jenis perbaikan yang diperlukan dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Cari tanda-tanda kebocoran air, seperti genangan air, suara air mengalir, atau lantai basah. Setelah itu, periksa pipa secara visual untuk mencari tanda-tanda kerusakan, seperti retakan, lubang, atau korosi.

Jika tidak dapat menemukan lokasi kebocoran dengan mata telanjang, gunakan alat bantu, seperti detektor kebocoran air atau hubungi tenaga ahli profesional. 

Baca juga: Penyebab AC Bocor Freon yang Jarang Disadari 

Rutin membersihkan

Terakhir, cara mengatasi kebocoran pipa di rumah adalah rutin membersihkan pipa. Anda perlu berkomitmen untuk rutin membersihkan area yang terkena dampak.

Pembersihan yang tepat akan membantu mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri serta mengembalikan rumah ke kondisi semula.

Keringkan area tersebut secara menyeluruh dengan handuk, kipas angin, atau alat penurun kelembapan. Kemudian, disinfeksi area tersebut dengan pemutih atau cuka untuk mencegah pertumbuhan jamur serta bakteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com