Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Usia Peralatan Rumah Tangga dan Tanda Harus Menggantinya

Kompas.com - 23/10/2023, 08:54 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan meningkatnya biaya peralatan besar dan perhatian yang lebih besar terhadap lingkungan, masuk akal memelihara serta menjaga peralatan rumah tangga selama mungkin.

Peralatan rumah tangga, seperti kulkas, mesin cuci, dan mesin pencuci piring dibuat dengan lebih baik dari sebelumnya sehingga Anda dapat mengharapkannya bertahan selama masa pakai, bahkan lebih lama lagi. 

Baca juga: Lebih Murah, Ini 6 Waktu Terbaik Membeli Peralatan Rumah Tangga

Memahami berapa lama usia peralatan rumah tangga bertahan akan membantu Anda merawatnya dengan baik selama masa pakainya, kecuali jika mesin memang sudah seharusnya diganti.

Nah, dilansir dari The Spruce, Senin (23/10/2023), berikut usia peralatan rumah tangga dan tanda sudah harus menggantinya.

Kompor gas

Ilustrasi kompor gas, api kompor gas. PIXABAY/PUBLICDOMAINPICTURES Ilustrasi kompor gas, api kompor gas.
Sebagian besar kompor gas dapat bertahan sekitar 15 tahun jika dirawat dengan baik. Kompor gas umumnya adalah peralatan tahan lama yang memiliki jadwal perawatan sederhana.

Perhatikan beberapa tanda yang menunjukkan pembersihan atau penggantian harus dilakukan.

Bersihkan kisi-kisi dan tutup kompor jika api gas tidak berwarna biru dan berkedip-kedip dari merah ke kuning. Mungkin hal ini menandakan sudah waktunya mengganti kompor gas

Jika pembakar tidak menyala, hubungi teknisi untuk melakukan servis guna memperbaiki penyulut api yang rusak atau kabel yang longgar.  

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Pembakar Kompor Gas

Kompor listrik

Sama dengan kompor gas, kompor listrik adalah peralatan yang relatif lebih tahan lama dan dapat bertahan hingga 13 tahun.

Namun, kompor listrik dapat menimbulkan bahaya kebakaran jika Anda mengabaikan tanda-tanda peringatan, seperti tampilan digital yang berkedip-kedip, bunyi klik terus-menerus, dan kompor listrik yang tidak menyala, mati, atau tidak mencapai suhu tertentu.

Beberapa tanda fisik keausan yang perlu diservis, termasuk karat berlebihan, bagian atas kaca retak, atau bau gosong yang tetap ada setelah dibersihkan.   

Baca juga: Perbedaan Kompor Induksi dan Kompor Listrik, Jangan Sampai Salah Pilih

Kulkas 

Ilustrasi kulkas.Shutterstock/New Africa Ilustrasi kulkas.
Meski beroperasi selama 24 jam sehari, kulkas masih dapat bertahan hingga 14 tahun. Jika perlu diganti, pertimbangkan model hemat energi bersertifikat Energy Star.

Beberapa tanda sudah waktunya mengganti kulkas atau melakukan perbaikan, antara lain suara keras yang berasal dari kulkas, makanan membusuk lebih cepat dari biasanya, masalah pada freezer, kebocoran, pengembunan di dalam kulkas, dan bagian belakang kulkas terasa panas.

Sedotlah saluran udara di bagian dasar kulkas secara teratur untuk membersihkannya dari debu dan kotoran lainnya. Saluran udara yang tersumbat membebani kerja kompresor dan menyebabkan kerusakan dini.  

Baca juga: Cara Menjaga Makanan di Kulkas Tetap Segar Saat Listrik Mati

Mesin cuci

Mesin cuci dapat bertahan hingga 11 tahun. Karena bekerja keras mengaduk dan memintal pakaian, Anda harus memonitor mesin cuci dengan cermat untuk memperpanjang masa pakainya dan menghemat air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com