Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Tempat Sampah

Kompas.com - 23/08/2023, 13:50 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat sampah menjadi salah satu sumber bau tak sedap di dalam rumah. Pasalnya, ada banyak jenis sampah yang dibuang pada tempat tersebut.

Meski sudah dikosongkan, tempat sampah biasanya tetap meninggalkan bau tak sedap cukup menyengat. Maka itu, tempat sampah perlu dibersihkan secara teratur. 

Namun, jika tong sampah tetap bau setelah dicuci, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan. Dilansir dari The Spruce, Rabu (23/8/2023), berikut cara menghilangkan bau tidak sedap di tempat sampah dengan mudah.

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Tempat Sampah

Bersihkan menggunakan baking soda dan cuka

Salah satu cara mudah menghilangkan bau tempat sampah adalah membersihkan dengan baking soda dan cuka. Campuran kedua bahan tersebut bermanfaat membunuh bakteri penyebab bau dan membersihkan kotoran mengerak pada tempat sampah.

Ilustrasi tempat sampah.SHUTTERSTOCK/JENSON Ilustrasi tempat sampah.

Cara penggunaanya adalah menyiramkan campuran kedua bahan tersebut pada tong sampah dan tunggu sekitar lima hingga 10 menit, lalu bilas menggunakan air mengalir. 

Baca juga: 2 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Meletakkan Tempat Sampah di Dapur

Manfaatkan campuran garam dan es

Selain baking soda dan cuka, garam dan es juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau tidak sedap di tempat sampah.

Garam bisa menetralkan bau apa pun, sedangkan es bmenghilangkan kotoran yang menempel pada tempat sampah.

Cara membersihkan tempat sampah menggunakan kedua bahan tersebut adalah menuangkan beberapa es batu ke dalam tempat sampah, lalu tambahkan satu genggam garam.

Goyangkan tempat sampah agar es batu bisa mengangkat kotoran yang menempel dan garam menyebar ke seluruh bagian tempat sampah.

Setelah tempat sampah dirasa bersih dan tidak berbau lagi, buang sisa es batu dan garam, kemudian bilas sampai bersih. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Meletakkan Tempat Sampah di Luar Rumah

Menggunakan kulit jeruk halus

Kulit jeruk merupakan sampah organik yang  bisa menghilangkan bau tidak sedap di tempat sampah. Namun, sebelum menggunakannya, kulit jeruk harus dihaluskan terlebih dahulu.

Kemudian tuangkan kulit jeruk yang sudah dihaluskan ke dalam tempat sampah dan gosok sampai bersih, dan bilas dengan air mengalir.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Bau pada Tempat Sampah Dapur

Bersihkan dengan sikat

Terakhir, cara menghilangkan bau tidak sedap di tempat sampah adalah menyikatnya dengan sikat. Anda bisa menggunakan sikat khusus yang gagangnya panjang agar tangan tidak perlu masuk ke  tempat sampah.

Sikat tersebut dapat mengangkat kotoran yang mengerak. Setelah semua bagian disikat, aliri tempat sampah dengan air bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com