Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Tupperware Pakai Baking Soda, Bebas Noda dan Bau

Kompas.com - 18/08/2023, 12:58 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak jenis wadah plastik yang tersedia di pasaran, salah satunya adalah merek Tupperware. Namun, karena digunakan untuk menyimpan makanan, wadah plastik atau wadah Tupperware bisa bernoda dan bau.

Dikutip dari The Daily Meal, Jumat (18/8/2023), wadah Tupperware Anda mungkin rentan terhadap bau dan noda dari waktu ke waktu.

Jika air hangat dan sabun cuci piring tidak mengeluarkan noda makanan dari tutup dan wadah plastik, mungkin sudah waktunya untuk menggunakan baking soda atau soda kue.

Baca juga: Cara Membersihkan Botol Tupperware agar Kembali Bening Seperti Baru

Ilustrasi tempat makan Tupperware.SHUTTERSTOCK/YATI YAHAYA Ilustrasi tempat makan Tupperware.

Untuk menghilangkan noda yang mengganggu di wadah plastik, cobalah kiat pembersihan mendalam dengan membuat pasta dari soda kue dan air. Oleskan pasta ke seluruh wadah dan tutup Tupperware, dan diamkan selama beberapa jam, lalu bilas.

Hasilnya adalah Tupperware bersih bebas noda, dan Anda bebas menyimpan bahan-bahan makanan seperti saus tomat, sup, dan semur lagi tanpa khawatir.

Soda kue juga sangat baik untuk menghilangkan bau, sehingga wadah plastik juga akan berbau segar dan bersih.

Mengapa baking soda ampuh untuk membersihkan wadah plastik?

Sebagai zat alkalin, soda kue sangat cocok untuk menghilangkan noda makanan yang berminyak dan berlemak. Jenis kotoran ini cenderung bersifat asam.

Baca juga: Kenapa Tempat Makan Tupperware Bau? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dengan demikian, baking soda memiliki efek menetralkan, melemahkannya, dan membuatnya lebih mudah dihilangkan. Semakin lama Anda mendiamkan wadah Tupperware dengan baking soda, noda akan semakin mudah hilang.

Tentu saja, cara terbaik untuk menghindari noda adalah dengan mencegahnya sejak awal. Solusi sederhana adalah melapisi wadah plastik dengan aluminium foil atau plastik untuk menciptakan penghalang antara makanan dan wadah, sehingga mencegah noda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com