Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Bunga Potong yang Cantik dan Harum, Cocok untuk Dekorasi Rumah

Kompas.com - 09/08/2023, 20:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga potong menjadi salah satu elemen dekorasi yang banyak digunakan di sejumlah rumah.

Pasalnya, bunga potong dapat mempercantik tampilan ruangan, menyegarkan, serta beberapa bunga memiliki aroma yang dapat mengharumkan ruangan. 

Baca juga: 9 Bunga Potong yang Bisa Ditanam Lagi dan Caranya

Bunga-bunga ini umumnya memilih batang yang kokoh, yang memudahkan penataan dan mekarnya sering diapit oleh dedaunan yang menarik. Inilah alasan mengapa disebut bunga potong

Banyak bunga potong yang dapat mekar selama berminggu-minggu di vas, asalkan mendapat perawatan tepat. Penting juga memilih bunga potong yang memiliki tampilan cantik dan beraroma harum. 

Nah, dilansir dari Better Homes and Gardens, Rabu (9/8/2023), berikut tanaman bunga potong yang cantik dan harum

Baca juga: 5 Tanaman Bunga Beraroma Wangi, Bisa Mengharumkan Ruangan

Hydrangea 

Ilustrasi bunga hydrangea.PIXABAY/HELGA KATTINGER Ilustrasi bunga hydrangea.
Bunga hydrangea memiliki tampilan kelopak yang besar dengan warna menarik, seperti biru, putih, dan pink. Ada beberapa jenishydrangea yang bisa dijadikan bunga potong.

Hydrangea berdaun besar (Hydrangea macrophylla), terutama jenis kepala pel, sangat populer untuk dijadikan bunga potong di dalam ruangan.

Seri Incrediball dari hydrangea halus (Hydrangea arborescens) juga menonjol. Malai hydrangea (Hydrangea paniculata) adalah pembungaan andal yang berbunga pada kayu baru.

Semua menghasilkan kelompok besar bunga-bunga kecil selama beberapa bulan. Sementara satu batang dapat menciptakan pernyataan sederhana dan elegan, seikat keindahan ini membuat bagian tengah yang besar dan dramatis.  

Baca juga: Gampang, Ini Cara Menanam Bunga Matahari di Pot

Mawar 

Selanjutnya, bunga potong yang cantik dan harum adalah mawar. Mawar menjadi salah satu bunga potong yang paling disukai karena berbagai alasan, seperti keanggunan bentuk, berbagai macam warna yang indah, musim mekar yang panjang, dan aromanya yang harum. 

Untuk memanfaatkan bunga mawar secara maksimal untuk pengaturan dalam ruangan, potong bunga saat kelopak bunganya baru saja mulai terbuka.

Saat merangkai bunga mawar, potong kembali batangnya hingga membentuk sudut 45 derajat. Memangkas ulang batang dan mengganti air dalam vas setiap satu atau dua hari sekali akan membantu membuat bunga mawar bertahan lebih lama.

Menempatkan rangkaian bunga mawar di ruangan sejuk serta jauh dari sinar matahari langsung juga membantu memperpanjang umurnya. 

Baca juga: 7 Bunga yang Aman Dikonsumsi, Bisa untuk Teh hingga Masakan

Gardenia

Ilustrasi bunga gardenia.Shutterstock/youyuenyong budsawongkod Ilustrasi bunga gardenia.
Gardenia memiliki bunga berwarna putih dan membawa keharuman yang menenangkan di dalam ruangan. Tak heran, gardenia dapat dijadikan bunga potong yang cantik dan harum  

Potong batang gardenia sepanjang 10-15 sentimeter dan pangkas daun bagian bawah. Pastikanmempertahankan beberapa daun bagian atas yang gelap serta mengkilap untuk mempercantik bunga berwarna putih ini. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com