Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2023, 14:41 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet menawarkan sejumlah manfaat untuk rumah, seperti menambahkan tekstur dan warna, memberi kenyamanan, kehangatan, menyatukan tampilan ruangan.

Karpet tersedia dalam berbagai warna, ukuran, material, hingga motif sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan selera pribadi serta tampilan ruangan. Namun, hal ini juga membuat orang kesulitan memilihnya.

Namun, terkadang tidak mudah memilih karpet yang tepat dengan begitu banyak pilihan yang tersedia. Untuk memudahkan Anda, berikut sejumlah cara memilih karpet dikutip dari Lounge Lovers, Rabu (26/7/2023).

Baca juga: 6 Ide Menggunakan Karpet Dapur untuk Ruang Memasak yang Nyaman

Memilih warna yang tepat

Ilustrasi karpet.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi karpet.
Warna dan pola karpet adalah pilihan personal. Saat memilih warna karpet yang tepat untuk ruang tamu atau ruang lainnya, hal ini akan tergantung pada perabotan yang ada serta yang Anda rencanakan pada kemudian hari.

Untuk lantai dengan warna lebih dingin, seperti batu alam, umumnya yang terbaik adalah memilih karpet dengan warna dingin. Demikian pula, warna lantai kayu yang hangat cocok dengan warna-warna hangat.

Jika telah ada skema warna di ruangan melalui furnitur dan dekorasi, akan menjadi keputusan mudah untuk menggunakan warna senada. 

Namun, jika memulai dari awal, pertimbangkan suasana keseluruhan yang ingin dicapai karena karpet akan menjadi dasar tampilan desain interior.

Sebaiknya, hindari karpet dengan warna hitam atau putih yang mencolok, terutama di area  sibuk atau di rumah yang memiliki hewan peliharaan karena sulit menjaganya tetap bersih dan bebas noda. 

Baca juga: 6 Warna Karpet Ini Gampang Kotor dan Bikin Ruangan Tampak Kuno

Pilih karpet berukuran lebih besar 

Ukuran karpet adalah salah satu faktor penting. Jika terlalu kecil, karpet akan terlihat kurang pas di ruangan karena perabot hanya muat sebagian di atasnya.

Karena itu, jika ragu, pilih karpet yang berukuran lebih besar dan penting mengukur area guna mendapatkan ukuran yang tepat.

Untuk memberikan gambaran, letakkan seprai dan lipatlah sehingga menjadi berukuran sama dengan karpet yang Anda pertimbangkan. Hal ini akan membantu memutuskan ukuran yang tepat.

Baca juga: 16 Ide Dekorasi Kamar Tidur dengan Karpet, Nyaman dan Sedap Dipandang

Material yang tepat

Ilustrasi karpet di kamar tidur.SHUTTERSTOCK/SS 360 Ilustrasi karpet di kamar tidur.
Ada berbagai pilihan material karpet. Pilih yang cocok dengan gaya dan kehidupan sehari-hari Anda. Karpet polipropilena merupakan salah satu pilihan.

Karpet ini ditentun dengan mesin, tahan lama, dan ideal untuk area dengan lalu lintas tinggi, seperti pintu masuk.

Sementara itu, karpet wol tahan noda serta menawarkan tampilan dan nuansa indah untuk menambah kelembutan serta kemewahan di ruangan. 

Pilihan lainnya, karpet goni, dikenal dengan gaya minimalis dan tenunan organiknya yang menarik. Karpet goni juga merupakan pilihan ramah lingkungan dan lebih terjangkau.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com