Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memperbarui Tampilan Dapur dengan Biaya Terjangkau

Kompas.com - 26/06/2023, 22:41 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Renovasi dapur dapat menguras rekening bank siapa pun. Hal ini lantaran tak hanya merombak tampilan dapur, tapi juga perlu mengisi sejumlah peralatan, lemari, dan meja dapur.

Namun, ada beberapa cara menyegarkan dapur dengan mudah tanpa membebani anggaran. Car ini bisa menghidupkan kembali desain dapur, dari mengganti perangkat keras hingga menambahkan backsplash. 

Baca juga: Catat, 8 Barang Ini Harus Disingkirkan dari Lemari Dapur

"Renovasi rumah dapat dengan cepat menjadi mahal. Karena dapur adalah ruang paling sering digunakan di rumah, ini membutuhkan lebih banyak perawatan," kata Jen Nash, Pemimpin desain Senior di Magnet—sebuah perusahaan desain yang berfokus pada dapur. 

"Kita perlu berpikir lebih kreatif dalam meremajakan dapur dan rumah," ucapnya. 

Tenang saja, ada banyak cara terjangkau memperbarui dapur. Nah, dilansir dari The Spruce, Senin (26/6/2023), berikut sejumlah cara memperbarui tampilan dapur tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.  

Baca juga: Simak, Ini 5 Ide Penyimpanan di Dinding Dapur

Perbarui pencahayaan

Ilustrasi dapur putih.Shutterstock/C Woods Photography Ilustrasi dapur putih.
Sering bergumam tentang betapa Anda membenci pencahayaan dapur yang suram? Mungkin ini saatnya melakukan pembaruan.

"Menaruh perhatian dan niat pada pencahayaan akan membuat perbedaan besar pada hampir semua ruang dan dapur," kata Kathy Kuo, desainer interior dan pemilik toko desain eponymous. 

Ciptakan suasana dengan satu set lampu gantung yang manis di atas area meja atau kitchen island. Lampu sconce sangat praktis dan pilihan pencahayaan yang relatif terjangkau serta lebih mudah dipasang daripada lampu gantung atau liontin gantung/ 

Untuk menciptakan suasana lebih baik lagi, pasang lampu dengan peredup, yang akan menimbulkan kesan lebih akrab dan cahaya lebih lembut, terutama saat melihat kulkas pada larut malam. 

Baca juga: 4 Cara Mencegah Lalat Buah di Dapur, Mudah Dilakukan

Ganti perangkat keras 

Selanjutnya, cara memperbarui tampilan dapur adalah mengganti perangkat keras. Anggaplah perangkat keras dapur seperti perhiasan. Ini adalah sentuhan akhir pada pakaian dapur Anda. 

atu set perangkat keras baru dapat mempercantik lemari yang sudah ketinggalan zaman dan menambahkan warna atau pola mengejutkan.

Selain itu, mudah diganti untuk menciptakan suasana baru setiap kali dapur terasa sedikit basi. Jika mengganti semua laci dan tuas kabinet Aterasa berat, mulailah dengan kitchen island

Amy Studebaker, desainer interior dan pemilik Amy Studebaker Design, mengatakan mengganti perangkat keras kitchen island dengan sesuatu yang kontras dengan kabinet perimeter adalah perubahan mudah untuk dapur.

"Ini adalah pembaruan kecil yang akan memberikan dampak besar pada dapur dan  meningkatkan kualitas ruangan."  

Baca juga: 11 Benda di Dapur yang Bisa Dibersihkan Pakai Lemon Segar

Tambahkan tempat duduk konter

Ilustrasi dapur.Shutterstock/Sheila Say Ilustrasi dapur.
Perhatikan dengan seksama meja dapur. Apakah Anda menggunakannya secara maksimal?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com