Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Material Terbaik untuk Selimut, Bikin Tidur Nyaman

Kompas.com - 09/04/2023, 12:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selimut menjadi salah satu perlengkapan yang dibutuhkan untuk tidur. Selimut berfungsi menghangatkan tubuh selama musim dingin, membuat tidur lebih nyenyak, dan  melindungi tubuh dari gigitan nyamuk saat tidur. 

Selimut hadir dalam material atau bahan berbeda dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing yang sangat penting dipertimbangkan diketahui ketika ingin membelinya. 

Baca juga: Ini Waktu Terbaik Mencuci Selimut dan Caranya Menurut Ahli Kebersihan

Tidak masalah jika Anda lebih menyukai tekstur lebih lembut, pengerjaan lebih tahan lama, atau kesan lebih tipis dan lapang, ada gaya selimut yang cocok untuk siapa saja. Semuanya dimulai dengan memilih bahan terbaik.

Nah, dilansir dari Rhythm of the Home, Minggu (9/4/2023), berikut sejumlah material terbaik untuk selimut

Katun

Ilustrasi selimut.Shutterstock/Olga Nikiforova Ilustrasi selimut.
Katun adalah salah satu jenis material selimut yang paling populer. Bahan ini memiliki banyak kualitas luar biasa untuk selimut dibanding pilihan lainnya. 

katun adalah serat alami dan bahan serbaguna yang direkomendasikan untuk berbagai gaya selimut. Katun dikenal akan kemampuannya bernapas yang luar biasa, daya tahan jangka panjang, menyerap kelembapan secara keseluruhan, serta memberi kehangatan.

Katun memberikan kesan mewah saat disentuh sehingga nyaman digunakan untuk berbagai jenis selimut. Berbeda dengan jenis bahan lainnya, katun menjadi lebih lembut setelah setiap kali dibersihkan.

Bahan ini cukup mudah dirawat agar tetap dalam kondisi prima dan direkomendasikan untuk iklim yang lebih hangat. Selimut yang terbuat dari bahan ini sering kali menampilkan warna-warna cerah dan pola menarik. 

Baca juga: Kapan Harus Mencuci Selimut dan Bagaimana Caranya?

Wol

Selanjutnya, material selimut terbaik adalah wol. Bahan ini bisa membuat Anda tetap nyaman saat musim dingin.

Bahan ini terutama digunakan untuk selimut tebal yang dapat menahan hawa dingin. Namun, Anda juga bisa menemukan selimut wol yang lebih ringan di pasaran.

Meski menyebabkan gatal-gatal pada kulit, sebagian besar material selimut wol menawarkan kenyamanan luar biasa.

Wol adalah bahan alami yang diperoleh dari bulu domba dan kambing. Merawat selimut wol bisa jadi sedikit lebih sulit daripada jenis bahan lainnya. Hanya jenis tertentu yang bisa dicuci dengan mesin. 

Dengan memilih material selimut ini, ini bisa membuat malam musim dingin yang dingin tidak akan lagi mengganggu. Manfaat penting lainnya dari wol adalah keberlanjutan karena dapat terurai secara alami. 

 Baca juga: Seberapa Sering Harus Mencuci Seprai dan Selimut?

Bulu domba 

Ilustrasi bantal sofa, ilustrasi bantal dekoratif, ilustrasi selimut dekoratif.SHUTTERSTOCK / Olga Miltsova Ilustrasi bantal sofa, ilustrasi bantal dekoratif, ilustrasi selimut dekoratif.
Jika ingin tetap hangat dan nyaman, tetapi tanpa rasa berat dari bahan yang tebal, pertimbangkan mencoba material selimut fleece atau bulu domba.

Ini adalah bahan yang sangat lembut untuk digunakan di segala musim. Selimut bulu domba terbuat dari serat sintetis yang menawarkan beberapa keuntungan besar. Paling utama adalah menekan biaya produksi sehingga selimut bulu domba cukup terjangkau.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com