Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal Sederhana yang Dapat Membuat Dapur Lebih Nyaman dan Dinamis

Kompas.com - 16/01/2023, 14:28 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur tak hanya menjadi ruanga memasak dan menyiapkan makanan, tapi juga tempat inspirasi, energi hidup, serta pusat kesehatan dan kekayaan.

Namun, mengoptimalkan feng shui di dapur tidaklah mudah. Pasalnya, ada sejumlah permukaan yang perlu diperhatikan. 

Akan tetapi, dengan melakukan pergeseran kecil, dapat langsung mencerahkan energi dapur. Dilansir dari Mind Body Green, Senin (16/1/2023), beberapa hal sederhana yang dapat membuat dapur lebih nyaman, dinamis, dan melimpah.  

Baca juga: 6 Warna Lemari Dapur yang Bakal Populer pada 2023 Menurut Desainer

Membersihkan permukaan dapur

Ilustrasi membersihkan lemari dapur, Ilustrasi membersihkan dapur.Shutterstock/Africa Studio Ilustrasi membersihkan lemari dapur, Ilustrasi membersihkan dapur.
Counter space adalah peralatan penting di dapur untuk membersihkan segala sesuatu dari counter yang tidak penting. 

Untuk memulai, singkirkan semua peralatan dari meja dapaur dan bersihkan dengan pembersih alami.

Anda bisa menggunakan campuran cuka putih dan air, tetapi pastikan mencoba pada bagian kesil kecil sebelum menggunakan pembersih di konter.

Setelah semuanya berkilau bersih dan kering, letakkan hanya barang-barang penting di atas meja Anda dan sisihkan sisanya.  

Baca juga: 7 Cara Menata Dapur Kecil dengan Sempurna Menurut Profesional

Bersihkan kulkas dan oven

Sesi pengaturan dapur dapat membantu Anda melipatgandakan ruang penyimpanan, membuang makanan kadaluwarsa, dan menemukan inspirasi untuk resep baru. 

Bersihkan setiap rak di dapur satu per satu dan pilah isinya. Lakukan hal yang sama untuk kulkas dan lemari jika memiliki banyak peralatan masak. 

Bersihkan lantai 

Lakukan pembersihan lantai secara mendalam. Tambahkan setetes minyak esensial favorit untuk memberikan kesegaran ekstra. Lantai yang bersih juga menciptakan kesan dapur yang terawat serta higienis. 

Baca juga: Penting, 6 Kesalahan Pencahayaan Dapur yang Harus Dihindari

Tambahkan jeruk

Menyimpan semangkuk jeruk di meja dapat menambah getaran positif ke dapur. Secara tradisional, meletakkan sembilan jeruk atau lemon dianggap sebagai magnet kelimpahan.

Namun, Anda dapat menggunakan jumlah atau jenis jeruk apa pun yang sesuai kesukaan. 

Tambahkan tanaman

Ilustrasi tanaman hias di dapurSHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tanaman hias di dapur
Menanam tanaman yang bisa dimakan di dapur, baik tanaman sayur maupun tanaman herbal adalah cara lain menarik kelimpahan menurut feng shui.

Sebagai pilihan, bisa menanam kemangi. Tanaman ini tumbuh subur, minim perawatan, dan dianggap sebagai magnet uang dalam beberapa tradisi. 

Baca juga: Ini Posisi Terbaik Menempatkan Dapur Menurut Vastu dan Feng Shui

Tambahkan inspirasi

Jika sudah memiliki ruang untuk menyimpan buku masak di dapur, itu menjadi hal bagus. Rak untuk buku masak juga bbisa menjadi proyek DIY akhir pekan yang brilian. 

Selain rak buku masak, Anda bisa menggantungkan beberapa foto seni atau foto keluarga di dapur untuk menambah banyak cinta pada ruang tersebut.

Semakin banyak inspirasi positif, semakin baik. Bahkan satu atau dua perubahan kecil dapat membawa kehidupan segar ke dapur dan Anda akan langsung merasakan manfaatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com