Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Furnitur Warna Gelap Bikin Kamar Tidur Kecil Tampak Lebih Sempit?

Kompas.com - 16/09/2022, 10:43 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Furnitur di dalam ruangan tak hanya sebagai pelengkap, namun ternyata elemen dekorasi ini dapat mengubah tampilan ruangan. Misalnya, beberapa furnitur gelap dapat membuat kamar tidur kecil terlihat lebih sempit.

Tetapi dilansir dari Home Guides SF Guide, Jumat (16/9/2022) ruangan yang menampilkan meja rias, nakas, dan sandaran kepala dengan warna seperti kayu hitam atau arang, atau warna kayu seperti ceri atau kenari bisa tampak lebih menenangkan.

Furnitur warna gelap dengan fitur tertentu dan dekorasi yang dipikirkan dengan matang dapat menyamakan suasana yang tidak terlalu sempit.

Baca juga: 3 Tips Memilih Furnitur untuk Rumah Kecil agar Terlihat Lebih Luas

Ilustrasi kamar tidur mewah dan nyaman.SHUTTERSTOCK/ImageFlow Ilustrasi kamar tidur mewah dan nyaman.

Furnitur warna gelap di ruangan yang sempit

Furnitur warna gelap yang tebal, besar, dan terlalu besar akan membuat ruangan semakin kecil. Sebagai gantinya, gunakan sandaran kepala yang ramping, meja rias yang tinggi dan bukan yang lebar, dan nakas yang ringkas atau meja samping tempat tidur yang ramping dengan kaki yang ramping.

Furnitur warna gelap dengan lapisan mengkilap seperti cermin memantulkan cahaya daripada menyerapnya, seperti halnya lapisan datar, cahaya yang dipantulkan membuat ruangan kecil lebih terang, lebih lapang, dan lebih terbuka.

Cara membuat ruangan tampak lebih luas

Di ruangan dengan furnitur gelap, gunakan trik dekorasi untuk membuat ruangan tampak lebih luas.

Wallpaper horizontal berwarna terang atau garis-garis yang dicat tampaknya mempertegas dinding rendah, sementara garis-garis vertikal memperlebar dinding pendek.

Baca juga: Usung Sustainable, Furnitur Mahaya Lab Tembus Pasar Internasional

Gunakan lantai pucat atau karpet dengan garis-garis untuk memperbesar ruang. Tempat tidur putih dan perawatan jendela memberikan kontras dan warna terang membuat ruangan tampak lebih besar.

Gantung gorden tinggi dan lebar untuk memberi kesan lebih besar. Namun, jika Anda menyukai pengaturan yang lebih kecil atau lebih nyaman, gunakan furnitur gelap pada dinding burgundy gelap, hijau tua, atau biru laut.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com