Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Dapur Kontemporer Lebih Bergaya

Kompas.com - 13/09/2022, 14:02 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ciri khas ramping dan modern serta solusi penyimpanan yang dapat memaksimalkan fungsionalitas menjadi alasan dapur kontemporer banyak digemari. 

Namun, dapur kontemporer saat ini terkadang kurang memiliki kepribadian dan karakter. Dalam hasil akhir yang sempurna, dapur kontemporer terkadang melewatkan hal-hal yang membuat ruangan menjadi unik serta tidak memiliki sentuhan pribadi. 

Untuk itu, perlu menghadirkan gaya dan desain ke dapur kontemporer. Nah, dilansir dari House Beautiful, Selasa (13/9/2022), berikut beberapa cara membuat dapur kontemporer lebih bergaya. 

Baca juga: 4 Cara Menyelaraskan Tampilan Backsplash dan Meja Dapur

Lemari bergaya Shaker menambah tampilan abadi

Ilustrasi dapur kontemporer.SHUTTERSTOCK / LEKSTOCK 3D Ilustrasi dapur kontemporer.
Jika ada gaya yang cukup klasik untuk memberikan elemen tradisional dan tampilan modern, itu adalah lemari Shaker. Lemari ini memiliki garis-garis yang bersih, tekstur kayu, serta tampilan yang elegan. 

Annie Tullett, perancang dapur di Tom Howley, menjelaskan lemari Shaker memiliki kesederhanaan dan keanggunan yang tak lekang oleh waktu, yang berevolusi dari gaya hidup praktis masyarakat Shaker abad ke-18. 

Baca juga: 5 Tips Menerapkan Dapur Kontemporer yang Bisa Tingkatkan Suasana Hati

Tambahkan nada gelap

Meski mudah melihat daya tarik warna terang di dapur, itu bisa mencegah ruang menangkap rasa karakter yang lebih dalam. 

Menurut Mor Krisher, Kepala Desain di Caesarstone, bereksperimen dengan nada yang lebih gelap adalah cara menarik untuk menambahkan daya tarik visual ke dapur.

Dia menjelaskan, berlawanan dengan apa yang sering dipikirkan orang, dapur hitam atau gelap tidak selalu suram.

Warna gelap bisa menjadi berani dan dramatis atau hangat dan menggoda. Warna gelap memiliki begitu banyak nuansa, nada, sentuhan berbeda, serta karakter berbeda.

"Mereka (warna gelap) bisa menjadi dasar atau canggih, berani atau elegan, industri atau klasik, tradisional atau modern."

Anda dapat mulai menerapkannya pada meja dapur hitam yang membuat desain dapur menjadi sangat menarik saat memasangkannya dengan warna pintu, peralatan, dan aksesori yang berbeda. 

Baca juga: 5 Warna yang Harus Dihindari di Dapur Menurut Desainer Interior 

Gunakan splashback yang berani

Ilustrasi dapur kontemporer, Ilustrasi lantai dapur, Ilustrasi dapur putih.SHUTTERSTOCK / PinkyWinky Ilustrasi dapur kontemporer, Ilustrasi lantai dapur, Ilustrasi dapur putih.
Splashback bukan hanya aspek fungsional dari dapur, melainkan juga memberikan kesempatan sangat baik untuk menambahkan warna dan pola serta tujuan gaya yang sama. 

Diane Hyde, Manajer Pemasaran di produsen keramik tradisional Craven Dunnill Jackfield, menyarankan bermain-main dengan splashback Anda.

"Menggunakan ubin sebagai splashback dapur adalah cara indah menampilkan dan menonjolkan pola, tekstur, dan glasirnya." 

Selain itu, cara ini juga dapat membawa semburan warna ke dalam ruangan serta menciptakan rasa ruang dan keterbukaan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com