Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini 3 Bentuk Ruangan di Rumah yang Dianjurkan Feng Shui

Kompas.com - 12/08/2022, 14:39 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ilmu feng shui yang berasal dari Tiongkok kuno memiliki peran penting dalam kehidupan orang-orang yang menerapkannya.

Untuk penerapan di dalam rumah, misalnya, feng shui sebuah ruangan dapat mempengaruhi kesejahteraan, keberuntungan, dan keseimbangan para penghuninya.

Baca juga: 4 Aturan Feng Shui untuk Pintu Masuk Rumah yang Menghadap ke Barat

Konsultan sekaligus penulis berbagai buku tentang feng shui di Indonesia, Mas Dian, mengungkapkan, setiap bentuk ruangan dapat menciptakan atmosfer atau suasana yang berbeda-beda.

Dikutip dari buku Feng Shui dan Interior Rumah Tinggal (2014), karya Mas Dian dan Ivon Xue yang diterbitkan Elex Media Komputindo, Jumat (12/8/2022), ia menjelaskan, kualitas sebuah ruangan berkaitan dengan ilmu feng shui Aliran Bentuk.

Ilmu feng shui Aliran Bentuk

Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi pencahayaan di ruang keluargaUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi pencahayaan di ruang keluarga
“Penjabaran feng shui melalui Aliran Bentuk lebih menitikberatkan pada dampak dari akibat yang timbul karena ditelitinya suatu obyek tata ruang,” terang Mas Dian.

Sebagai contoh, tempat tidur tidak boleh diletakkan di bawah bentangan balok karena bisa membuat seseorang yang tidur di sana sakit.

Secara logika, ujar Mas Dian, bentang balok biasanya digunakan untuk menahan dan menyalurkan beban ke tiang penyangga. 

Baca juga: 6 Tips Meletakkan AC di Rumah Berdasarkan Feng Shui

“Saat terjadi gerakan atau getaran dari beban di atasnya, balok akan bergetar dan melepaskan massa dengan lenturan energi yang menekan ke bawah,” jelasnya.

“Mereka yang tidur di bawah balok akan menerima tekanan dari massa sehingga mengganggu aliran darah dan saraf. Seiring waktu, hambatan ini akan menyebabkan sakit dan menurunkan stamina,” imbuh Mas Dian. 

Lantas, bagaimana dengan bentuk sebuah ruangan yang berkaitan dengan ilmu feng shui Aliran Bentuk? Apakah ruangan berbentuk kotak lebih dianjurkan karena memberi dampak positif pada penghuninya atau justru sebaliknya?

Baca juga: 5 Cara Menghadirkan Feng Shui Baik di Teras Rumah

Feng shui bentuk ruangan

Ilustrasi lampu panel, ilustrasi kamar tidur.SHUTTERSTOCK / ImageFlow Ilustrasi lampu panel, ilustrasi kamar tidur.
Dalam bukunya, Mas Dian menjabarkan, ada tiga bentuk ruangan yang dianjurkan feng shui, yang dapat membuat kehidupan penghuninya lebih seimbang dan berkualitas.

  • Persegi atau kotak

Bentuk pertama yang dianjurkan feng shui adalah persegi atau kotak. Menurut Mas Dian, ruangan berbentuk kotak mencerminkan kualitas atmosfer yang stabil dan seimbang.

“Desain ruang seperti ini paling tepat untuk kamar tidur, ruang kantor, atau ruang penting lainnya yang sering dihuni untuk waktu lama,” tuturnya. 

Untuk ruangan yang tidak sering digunakan, misalnya ruang tamu dan dapur, feng shui tidak melarang penggunaan bentuk selain persegi atau kotak karena dampak buruk dari gaya medan magnetiknya tidak akan terlalu terasa.

Baca juga: 9 Cara Menghadirkan Ruang Kerja yang Sesuai Feng Shui di Rumah

  • Segi delapan

Ilustrasi furnitur melengkung, Ilustrasi sofa melengkung, ilustrasi ruang tamu. Shutterstock/Anymayy Ilustrasi furnitur melengkung, Ilustrasi sofa melengkung, ilustrasi ruang tamu.
Sama dengan ruangan berbentuk kotak, ruangan berbentuk segi delapan dengan ukuran potongan sudut yang sama dinilai baik dalam ilmu feng shui.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com