Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Daun Sirih Gading Kecil-kecil, Masalah Penyiraman hingga Hama

Kompas.com - 24/06/2022, 13:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda sedang mencari tanaman hias indoor dan tanaman yang mudah dirawat, sirih gading bisa menjadi pilihan. Sirih gading merupakan salah satu tanaman hias populer, salah satunya karena perawatannya tidak rumit.

Namun demikian, bukan berarti tanaman sirih gading tidak terserang gangguan pertumbuhan. Salah satunya adalah kondisi daun sirih gading kecil-kecil alias pertumbuhannya terhambat.

Dilansir Gardening Know How, Jumat (24/6/2022), sirih gading adalah tanaman hias yang terkenal kuat dan tidak mudah mati, serta bisa tumbuh subur meskipun diabaikan perawatannya.

Baca juga: 6 Cara Membuat Tanaman Sirih Gading Lebih Rimbun

Ilustrasi tanaman hias sirih gading atau Pothos Global Green. SHUTTERSTOCK/FIRN Ilustrasi tanaman hias sirih gading atau Pothos Global Green.

Namun demikian, seperti semua tanaman, sirih gading membutuhkan air biasa, cahaya matahari atau cahaya buatan, nutrisi yang tepat, dan sirkulasi udara.

Tanaman sirih gading kerdil atau kondisi daun sirih gading dapat terjadi karena sejumlah masalah, baik yang berasal dari kondisi perawatan maupun hama. Penyebab paling umum cukup mudah untuk diatasi.

Daun sirih gading

Tanaman sirih gading memiliki daun berbentuk hati, berwarna hijau mengkilap atau beraneka ragam, serta teksturnya berlilin. Pertumbuhan daun sitih gading muda sedikit berbeda dengan daun dewasa.

Daun sirih gading muda halus dan panjangnya beberapa inci, yakni sekitar 8 cm. Adapun daun dewasa bisa mencapai panjang kira-kira 90 cm dan berkembang menjadi bentuk oval atau hati, seringkali dengan lubang di pelepahnya.

Baca juga: Cara Memperbanyak Tanaman Sirih Gading dengan Stek dan Merawatnya

Sebagian besar tanaman dalam ruangan tidak mencapai daun sebesar itu, tetapi daunnya tetap tumbuh dengan cara yang sama. Masalah daun sirih gading ditandai dengan pertumbuhan daun yang kerdil, warna yang buruk, dan acapkali layu.

Kesehatan tanaman mungkin terpengaruh dan tanaman akan gagal menghasilkan pertumbuhan baru. Cahaya dan pupuk yang memadai biasanya akan meningkatkan produksi daun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com