Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Memasak, Ini 5 Kegunaan Mentega untuk Keperluan Rumah Tangga

Kompas.com - 21/06/2022, 21:00 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMentega sering digunakan untuk membuat roti dan kue serta sebagai "alas" membuat roti tawar berisi meses dan keju.

Selain itu, mentega juga sering digunakan sebagai pengganti minyak goreng untuk memasak atau menumis aneka masakan seperti telur atau sosis. 

Namun, selain manfaat di atas, dikutip dari Reader’s Digest Canada, Selasa (21/6/2022), mentega memiliki banyak kegunaan di rumah seperti berikut ini. 

Baca juga: Tak Hanya untuk Kopi, Ini 4 Cara Unik Menggunakan French Press

Menjaga keju dari jamur

Ilustrasi mentega dan shortening atau mentega putih. SHUTTERSTOCK/VDB PHOTOS Ilustrasi mentega dan shortening atau mentega putih.

Tidak semua orang menggunakan satu balok keju dalam satu waktu. Kebanyakan orang hanya memotong beberapa sentimeter atau separuhnya untuk diolah menjadi makanan.

Tak heran, keju menjadi salah satu bahan pelengkap makanan yang disimpan cukup lama. Namun, keju juga bisa berjamur atau menjadi keras. 

Untuk mengatasinya, olesi mentega pada keju agar menjaganya tetap segar dan bebas jamur. Setiap kali memotong keju, olesi bagian yang terpotong dengan mentega sebelum membungkusnya kembali dan memasukkannya ke kulkas.

Baca juga: Tips Aman Menyimpan Mentega agar TIdak Tengik

Membersihkan noda tinta pada boneka

Beberapa anak kecil gemar mencoret-coret boneka demi mendandaninya. Tak heran, boneka menjadi kotor dan terkena noda tinta.

Membersihkan noda tinta pada boneka dapat menggunakan mentega. Caranya, oleskan sedikit mentega ke area yang bernoda, lalu diamkan selama beberapa hari di bawah sinar matahari, dan bilas dengan air sabun hingga bersih. 

Baca juga: 6 Manfaat Saus Tomat untuk Membersihkan Berbagai Jenis Peralatan

Memotong makanan lengket

Letakkan mentega dalam suhu ruang agar bisa cepat lunak.Unsplash/Sincerely Media Letakkan mentega dalam suhu ruang agar bisa cepat lunak.

Memotong makanan yang lengket tentu akan terasa sulit. Untuk memudahkannya, oleskan mentega pada bagian tajam pisau atau gunting. Mentega bertindak sebagai pelumas.

Menjaga air yang mendidih

Beberapa masakan yang direbus dapat menyebabkan air mendidih hingga keluar panci. Untuk mengatasinya, tambahkan setengah sendok makan mentega atau gosok mentega pada tepian atas panci.

Baca juga: Atasi Engsel Pintu Berderit dengan Sabun Mandi hingga Minyak Zaitun

Mengatasi engsel pintu yang berderit 

Engsel pintu yang berderit tentu membuat berisik dan mengganggu. Untuk mengatasinya, tak selalu menggunakan pelumas. Anda bisa menggunakan mentega apabila pelumas pintu sedang habis. Caranya, cukup menggosok mentega pada engsel pintu yang berderit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com