Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Menghadirkan Patio Minimalis di Halaman Rumah

Kompas.com - 06/06/2022, 22:53 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPatio merupakan halaman atau taman yang berada di belakang rumah.  Ada berbagai keuntungan dari memiliki patio di halaman rumah seperti ruang tamu tambahan di luar ruangan dan area bersantai. 

Ukuran patio umumnya lebih luas dari teras rumah sehingga memungkinkan untuk berkegiatan dengan lebih leluasa.

Baca juga: Tips Dekorasi Kamar Tidur Minimalis ala Korea

Jika ingin menghadirkan patio di halaman rumah, terdapat beragam gaya desain untuk dipilih, salah satunya gaya minimalis.

Dikutip dari akun YouTube SlideHouse, Senin (6/6/2022), berikut beberapa tips menciptakan patio minimalis agar eksterior rumah terlihat lebih menarik.

Pilih material yang mudah diterapkan

Ilustrasi patio.SHUTTERSTOCK / Yakov Oskanov Ilustrasi patio.
Tujuan memiliki patio bergaya minimalis adalah menciptakan ruang yang terlihat indah, tetapi tidak terlalu mewah dan terpenting tidak membuat repot.

Jika ingin mengusung gaya minimalis, pilih material yang mudah diterapkan seperti kerikil atau beton untuk lantai patio. 

Baca juga: Cukup 10 Menit, Ini Tips Membersihkan Teras Rumah dengan Cepat

Hadirkan tanaman hias dengan perawatan mudah

Setelah itu, hadirkan tanaman hias dengan perawatan mudah untuk menghias patio seperti lidah buaya. Jika memungkinkan, pilih tanaman dengan tinggi yang beragam.

Namun, untuk tanaman yang ditanam di tanah, berikan jarak sedikit berjauhan. Bisa pula menghadirkan tanaman di dalam pot jika halaman berukuran kecil. Bahkan, tanaman pot selalu menjadi bagian dalam patio minimalis. 

Lebih lanjut, menggunakan pot memungkinkan kamu untuk mengkreasikan tampilan patio karena pot memiliki beragam warna dan desain.

Baca juga: 4 Tips Menciptakan Dapur Minimalis yang Bebas Berantakan

Manfaatkan barkdust

Untuk semakin menonjolkan tampilan patio minimalis, kelilingi area dengan barkdust (sekumpulan potongan kayu). Ini juga berguna menonjolkan tampilan semak atau pohon yang berada di sekitar patio.

Jaga kesederhanaan

Ilustrasi pergola bernuansa modern.SHUTTERSTOCK/MATHILDE.LR Ilustrasi pergola bernuansa modern.

Patio minimalis perlu dijaga kesederhanaannya. Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan keindahannya seperti memilih furnitur ramping dengan garis yang bersih.

Kemudian, gunakan palet warna netral pada patio. Untuk lantai beton, misalnya, warna abu-abu terang merupakan pilihan paling umum. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membangun Dek di Rumah 

Hati-hati dengan warna yang dipilih

Seperti disebutkan sebelumnya, palet warna netral yang mencakup abu-abu, putih, dan hitam lebih direkomendasikan untuk patio minimalis.

Akan tetapi, kamu tetap bisa memasukan warna lain. Hanya saja, jangan terlalu berlebihan dengan warna-warna tersebut.

Untuk patio yang didominasi warna putih dan abu-abu, misalnya, warna cerah bisa dihadirkan melalui bunga dan tanaman atau furnitur berwarna berani seperti bantal kursi berwarna oranye. 

Baca juga: 5 Desain dan Jenis Dek untuk Luar Ruangan yang Cozy serta Nyaman

Tambahkan hiasan air

Hiasan air dapat menambahkan nuansa lebih santai pada patio minimalis sekaligus membuat halaman rumah terlihat lebih menarik.

Kamu tidak perlu membangun kolam renang atau hot tub, tetapi cukup hadirkan air mancur dengan fitur air terjun. Pastikan pipa air tidak terlihat.

Baca juga: 5 Inspirasi Tampilan Manis untuk Dapur Minimalis Sederhana

Hadirkan kursi ayunan

Apabila ingin membuat patio terasa lebih nyaman dan santai, hadirkan kursi ayunan. Ini juga membuat patio terlihat lebih menarik daripada hanya menggunakan kursi biasa. Jangan lupa melengkapinya dengan bantal dekoratif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com