Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menggunakan Cat untuk Membuat Ruangan Sempit Tampak Lebih Luas

Kompas.com - 11/05/2022, 07:46 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya ruangan besar yang dapat memberikan kenyamanan, namun di dalam ruangan sempit, Anda juga bisa menciptakan kenyamanan.

Dengan memilih warna yang tepat, Anda langsung dapat menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar, langit-langit atau plafon yang lebih tinggi, dan bahkan lebih banyak cahaya alami.

Dilansir Martha Stewart, Rabu (11/5/2022) berikut saran dari ahli untuk mengubah ruangan sempit menjadi lebih luas dan nyaman. 

Baca juga: 6 Ide Desain Kamar Mandi Sempit yang Estetik tapi Fungsional

Ilustrasi ruang tamu kecil, ruang tamu sempit.SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi ruang tamu kecil, ruang tamu sempit.

1. Pilih warna plafon yang tepat 

Ketika ingin menipu mata untuk melihat ruangan yang lebih besar dari yang sebenarnya, Charlotte Cosby, kepala kreatif di Farrow & Ball mengatakan, pilih warna langit-langit yang memiliki rentang warna yang sama dengan warna dinding.

"Dengan cara ini, Anda kurang menyadari di mana dinding berakhir dan langit-langit dimulai," jelas dia.

Trik lain adalah menggunakan warna yang sama untuk mengecat kayu seperti lemari, trim, dan furnitur lainnya seperti yang Anda gunakan di dinding, karena ini bisa membuat dinding Anda tampak lebih tinggi.

Nivara Xaykao, spesialis warna di Benjamin Moore, menyarankan teknik pewarnaan yang dapat membantu meninggikan ruangan dengan langit-langit yang agak rendah.

 

Baca juga: Tips Mendekorasi Kamar Tidur Sempit agar Terlihat Estetik

"Cobalah memperluas warna dinding Anda beberapa cm ke langit-langit untuk menciptakan ilusi langit-langit yang lebih tinggi," kata Xaykao.

Kemudian, cat sisa bagian dalam langit-langit dengan warna putih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com