Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Menciptakan Keseimbangan di Ruang Tamu Menurut Feng Shui

Kompas.com - 09/05/2022, 21:55 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Percaya atau tidak rumah yang ditinggali memiliki dampak langsung pada kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Untuk itu, membuat rumah terasa seimbang dan membangkitkan semangat adalah kunci mewujudkan kesejahteraan tersebut. Cara lain menerapkan feng shui di dalam ruangan

Baca juga: 9 Tips Mengatur Dapur Menurut Feng Shui untuk Memperoleh Kemakmuran

Dilansir dari Good Housekeeping, Senin (9/5/2022), feng shui berfokus pada Qi, kekuatan positif yang berkorelasi dengan cara objek diatur dalam ruangan.

Dari memastikan bagian belakang sofa ruang tamu tidak menghadap pintu masuk hingga mengatur furnitur, ada petunjuk feng shui yang membantu ruangan mengalir lebih baik dan terlihat bagus.

Pakar feng shui dan desainer Anije Cho, Reiko Gomez dari Reiko Design, serta Amanda Amato dari AMA Designs & Interiors memberikan tips membuat ruang tamu lebih seimbang seperti berikut ini.  

Baca juga: 7 Warna Pintu Rumah untuk Mendatangkan Energi Baik Menurut Feng Shui  

Tetapkan tujuan pada ruangan 

Ilustrasi ruang tamu, karpet ruang tamu.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang tamu, karpet ruang tamu.
Ruang tamu dirancang untuk berbagai tujuan. Beberapa merupakan tempat pelarian yang nyaman untuk melepas lelah setelah seharian bekerja dan lainnya untuk tempat hiburan.

Meski dapat menyesuaikan warna, tata letak, dan dekorasi ruangan, ingatlah bahwa ruangan harus diperlakukan sebagai tempat berkumpul.

"Sering kali terletak lebih dekat ke pintu depan, ruangan ini lebih menghadap ke publik di rumah dibanding kamar tidur atau ruang kerja, jadi warna dan tata letaknya harus mencerminkan hal itu," ungkap Cho.  

Baca juga: 8 Benda yang Harus Ada di Ruang Tamu Menurut Feng Shui

Amato menyarankan memilih warna-warna berani jika rumah sering dikunjung tamu dan warna menenangkan bagi mereka yang memiliki gaya hidup lebih santai.

Jika ruang tamu hidup dan sering digunakan untuk hiburan, menambahkan warna-warna yang lebih energik seperti kuning dan oranye akan cocok.

"Namun, apabila ruang tamu digunakan untuk bersantai di penghujung hari, memilih warna yang tenang dan lembut akan lebih cocok," ujar Amato.  

Baca juga: 3 Tips Menciptakan Ruang Tamu yang Nyaman dan Aman untuk Anak 

Gunakan lima elemen

Feng shui menggunakan lima elemen, yakni tanah, kayu, api, logam, dan air untuk menggambarkan dunia fisik serta energi di sekitar manusia.

“Penting untuk menyeimbangkan lima elemen guna menciptakan lingkungan yang harmonis,” kata Amato.

Anda dapat melakukannya dengan mendekorasinya secara halus. Misalnya, alih-alih memilih warna merah, pertimbangkanmenggunakan segala sesuatu, dari cetakan binatang hingga bentuk segitiga, untuk mewakili elemen api di ruang tamu. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Ukuran Karpet yang Tepat untuk Ruang Tamu 

Letakkan sofa dalam posisi memerintah 

Ilustrasi ruang tamu atau ruanga kelaurga modern, Ilustrasi furnitur di ruang tamu. Shutterstock/ParvinMaharramov Ilustrasi ruang tamu atau ruanga kelaurga modern, Ilustrasi furnitur di ruang tamu.
Jika memungkinkan, usahakan bagian belakang sofa tidak menghadap pintu masuk ruang tamu. "Penataan furnitur yang ideal adalah saat memasuki ruangan, Anda dapat melihat sofa menyambut Anda," ucap Gomez. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com