Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Menciptakan Ruang Tamu yang Nyaman dan Aman untuk Anak

Kompas.com - 08/05/2022, 20:25 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Ruang tamu merupakan area di mana anggota keluarga berkumpul, karena itu area ini seringkali dikenal sebagai jantungnya rumah. Jika kamu memiliki anak kecil di rumah, tak jarang area ini juga menjadi area bermain mereka.

Untuk menghemat ruang penyimpanan pada hunian yang kecil, kita juga memanfaatkan lemari dan rak ruang tamu sebagai tempat penyimpanan mainan anak-anak. Namun bagaimana cara membuat ruang tamu tetap estetik namun juga ramah anak?

Melansir dari New Darlings, Minggu (8/5/2022),berikut ini merupakan tips menciptakan ruang tamu yang ramah anak dan tetap estetik.

Baca juga: 8 Benda yang Harus Ada di Ruang Tamu Menurut Feng Shui

Ciptakan ruang tamu yang lapang

Ruang tamu dan ruang makan merupakan jantung setiap rumah dimana anggota keluarga berkumpul bersama. Seringkali ruang tamu ditata formal dengan banyak barang dan sofa sebagai pemisah.

Namun jika kamu memiliki anak-anak dirumah dan ingin menciptakan ruang tamu yang layak anak cobalah untuk menciptakan ruang yang lapang.

Ruang tamu yang lapang dengan sedikit barang membuat anak-anak bebas bermain, selain itu barang yang sedikit juga membuat aliran udara yang lebih baik.

Baca juga: 5 Rekomendasi Produk IKEA untuk Mempercantik Ruang Tamu Saat Lebaran

Pilih furniture yang ramah anak

Ilustrasi ruang tamu kecil, ruang tamu sempit.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang tamu kecil, ruang tamu sempit.

Untuk menciptakan ruang tamu yang ramah untuk anak, pilihlah furniture yang ramah anak namun tetap memiliki nilai dekoratif yang menarik.

Misalnya saja dengan memilih rak kayu rendah sebagai dekorasi ruang tamu. Selain tampilannya yang estetik, rak kayu rendah ini dapat digunakan sebagai area penyimpanan mainan atau buku-buku yang bisa dijangkau anak-anak.

Anak kecil sangat suka berlarian dan mungkin tersandung, oleh sebab itu pilihlah sudut meja yang bundar untuk menghindari cedera pada anak.

Baca juga: Warna Dinding Terbaik untuk Ruang Tamu Menurut Feng Shui

Rak montessori di ruang tamu

Metode montessori memungkinkan anak menemukan potensinya dengan terlibat dalam begitu banyak aspek dan aktivitas di rumah.

Ada beberapa jenis mainan dan buku montessori yang bisa kamu jadikan koleksi untuk anak-anak.

Simpanlah mainan dan buku-buku ini di ruang tamu agar lebih mudah dijangkau oleh anak. Ajarkan anak-anak untuk bertanggung jawab dan membersihkan mainan mereka setelah bermain di ruang tamu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com