Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Pemilik Boleh Meninggalkan Kucing Sendirian di Rumah?

Kompas.com - 24/04/2022, 12:56 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Meskipun berasal dari ras yang sama, setiap kucing memiliki kepribadian yang berbeda-beda.

Ada kucing yang menyukai waktunya sendiri menatap jendela dan tidur seharian, namun ada pula yang suka bermain dan menghabiskan waktu dengan pemiliknya sepanjang hari.

Ketika kamu berencana untuk meninggalkan kucingmu sendirian di rumah, sebaiknya perhatikan pula karakter kucingmu agar ia tidak merasa ditinggalkan dan stres.

Baca juga: 8 Ras Kucing yang Aman untuk Penderita Alergi

 

Kamu bisa membantunya dengan memberikannya mainan, ruang di jendela untuk melihat keluar dan tetap memenuhi kebutuhan dasarnya yaitu air, makanan dan kotak pasir.

Melansir dari Pure Wow, Minggu (24/4/2022), meskipun kucing bisa ditinggal sendirian di rumah, ada batas waktu dimana sebaiknya kamu datang dan melihatnya.

Batas waktu untuk meninggalkan kucing ini tergantung pada kebutuhan dan usia kucing peliharaanmu.

Baca juga: Lakukan 4 Cara Ini Agar Kucing Tidak Mudah Sakit

Batas waktu kucing dewasa ditinggal sendirian

Ilustrasi kucing tiga warna atau kucing calico. PIXABAY/GISELAFOTOGRAFIE Ilustrasi kucing tiga warna atau kucing calico.

JIka kamu memiliki kucing dewasa di rumah, jangan khawatir karena mereka cukup mandiri dan bisa bertahan jika harus ditinggalkan sendirian saat kamu harus bekerja.

Kamu mungkin memperhatikan jika kucing tidur sekitar 18 jam sehari, mungkin mereka lebih banyak tidur jika kamu tidak ada di rumah.

Selama kamu konsisten ada beberapa jam dalam waktu 24 jam untuk kucing dan menyediakan semua keperluan nya maka ia sudah merasa cukup senang.

Baca juga: 5 Hal yang Membuat Kucing Sangat Pemilih dengan Mangkuk Air Minum

Animalpath.org mengatakan bahwa kucing dewasa yang sehat tidak boleh dibiarkan sendirian selama lebih dari 24 hingga 48 jam.

Sedangkan menurut dokter hewan di CVETS di Carolina Selatan, jika kamu berencana untuk meninggalkan kucingmu selama beberapa hari sebaiknya gunakan jasa pengasuh hewan peliharaan.

Kucing yang sehat akan membutuhkan air, makanan dan kotak pasir yang bersih. Mintalah pengasuh hewan untuk datang dan memeriksa keadaan kucing secara rutin.

Baca juga: 10 Ras Kucing Berumur Panjang, dari Siam sampai Sphynx

 

Begitu pula dengan Kucing yang sakit atau cedera, perlu untuk diperiksa keadaannya sesering mungkin.

Hindari meninggalkan kucing yang baru saja kamu adopsi sendirian dalam waktu yang lama. Ia mungkin akan merasa stres karena masih harus beradaptasi dengan sekitarnya dan rentan dengan rasa cemas karena perpisahan.

Baca juga: Mengapa Tidak Boleh Memberikan Susu pada Kucing?

Batas waktu anak kucing ditinggal sendirian

Sama seperti bayi, anak kucing membutuhkan perhatian yang jauh lebih banyak daripada kucing dewasa.

Sebaiknya jangan meninggalkan anak kucing yang berusia di bawah 4 bulan sendirian lebih dari 2 hingga 5 jam. Untuk kucing diatas 6 bulan, kamu sudah bisa meninggalkannya selama 8 jam untuk bekerja.

Namun setiap anak kucing memiliki keadaan dan temperamen yang berbeda. Sebaiknya kenali kebiasaan anak kucing mu dan pastikan ia tetap aman saat ditinggal sendirian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com