Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Kacang Hijau di Kapas agar Cepat Tumbuh

Kompas.com - 15/04/2022, 08:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kacang-kacangan adalah bahan makanan yang memiliki manfaat gizi untuk Anda. Tauge adalah salah satunya, yang dapat ditanam dari kacang hijau atau kacang kedelai.

Anda dapat menanam kacang hijau sendiri di rumah untuk dikonsumsi sebagai tauge. Caranya adalah dengan menggunakan kapas dan air untuk membuat kacang hijau berkecambah.

Setelah kacang mulai tumbuh, Anda dapat menanamnya di kebun atau memanen kecambah untuk digunakan dalam salad atau tumis. Anda juga bisa menanam kacang dengan cara ini untuk mengajari anak lebih banyak tentang bagaimana tanaman tumbuh.

Baca juga: Plus Minus Pot Terakota untuk Menanam Tanaman

Ilustrasi seorang anak menanam kacang hijau di kapas. SHUTTERSTOCK/YAOINLOVE Ilustrasi seorang anak menanam kacang hijau di kapas.

Dilansir Home Guides SF Gate, Jumat (15/4/2022), berikut cara menanam kacang hijau di kapas agar cepat tumbuh sebagai tauge.

Pertama, basahi beberapa kapas atau bahan katun lainnya dengan air hangat. Biarkan kapas meneteskan air berlebih tetapi jangan memerasnya untuk mempercepat prosesnya.

Meremas kapas dapat menghilangkan terlalu banyak air dan mengurangi luas permukaan kapas yang tersedia untuk akar kacang.

Masukkan kapas ke dalam wadah plastik bening. Ukuran wadah akan tergantung pada jumlah kapas yang Anda gunakan dan berapa banyak kacang yang Anda harapkan untuk berkecambah.

Baca juga: Ketahui, Ini Waktu Terbaik Menanam Bunga Dahlia agar Tumbuh Subur

Tempatkan kacang yang akan berkecambah di atas kapas di dalam wadah. Anda tidak perlu menekan kacang ke dalam kapas.

Pastikan mereka bersentuhan dengannya dan tidak di atas kacang lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com