Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Kucing Lebih Suka Tidur di Tempat Kecil? Ini Alasannya

Kompas.com - 13/04/2022, 18:46 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber POP SUGAR

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing memerlukan istirahat untuk mengembalikan energi setelah beraktivitas seharian. 

Namun, tidak peduli berapa banyak tempat tidur yang diberikan atau berapa banyak selimut yang disusun, terkadang kucing lebih memilih tempat yang sempit untuk tidur. 

Baca juga: 6 Hal yang Menyebabkan Kucing Belekan

Dilansir dari Pop Sugar, Rabu (13/4/2022), menurut Gabby Wild, dokter hewan dan pendidik National Geographic Kids, kucing suka tidur di tempat yang sangat kecil dan tidak nyaman karena mereka merasa aman dan terlindungi di tempat tersebut. 

“Kucing, meski predator, suka merasa nyaman dan aman. Jadi, terkadang mereka akan mencoba mengeksplorasi dan meringkuk di dalam kandang atau tempat tidurnya," jelas Gabby.

Ia menambahkan, meski kucing adalah makhluk yang ingin tahu dan suka berkeliaran di sekitar pemiliknya, sahabat bulu tetap menghargai privasinya dengan memilih tidur atau beristirahat di tempat yang kecil.  

Baca juga: Bolehkah Membiarkan Kucing Peliharaan Tidur di Kasur Bersama Kita? 

Tempat yang lebih rileks

Ilustrasi kucing tidur di kardus atau tempat kecil.Shutterstock/one photo Ilustrasi kucing tidur di kardus atau tempat kecil.
Crystal Heath, dokter hewan dan salah satu pendiri Our Honor—sebuah tempat perawatan hewan peliharaan—menjelaskan, ruang kecil seperti kotak membantu kucing mempertahankan posisinya, yang pada gilirannya membantu kucing menghemat energi.

"Ketika mereka menjejalkan diri ke dalam kotak, kucing tidak menggunakan ototnya. Kucing membiarkan kotak itu bekerja untuk menjaga tubuhnya. Di sinilah, kucing benar-benar dapat melepaskan semuanya dan benar-benar rileks," ungkap Heath.  

Baca juga: 8 Ras Kucing yang Menyerupai Macan

Meski perilaku ini sangat umum di antara kucing, Wild menunjukkan bahwa penting bagi pemilik kucing mengawasi setiap perilaku yang tidak biasa dan ditunjukkan kucing peliharaannya.

Misalnya, jika memperhatikan kucing peliharaan akhir-akhirnya lebih suka tidur di tempat kecil yang tersembunyi, penting memastikan bahwa tidak ada hal lain yang mungkin terjadi pada kucing dari segi kesehatan. 

Baca juga: Unik, Ini 7 Ras Kucing yang Tak Memiliki Ekor

"Beberapa kucing akan bersembunyi untuk menyamarkan cedera atau penyakit dan mereka akan meningkatkan persembunyiannya di ruang kecil, terutama di bawah tempat tidur atau sofa," imbuh Wild.

Dia juga memperingatkan bahwa kucing dengan hipertiroidisme atau penyakit akibat kadar hormon tiroid terlalu tinggi dapat menjadi hiperaktif dan mungkin berhenti tidur di tempat lebih kecil. 

Jika Anda melihat kucing Anda bertingkah aneh, segera dwalkan kunjungan ke dokter hewan untuk mengetahui lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com