Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Dinding, 4 Benda Ini Bisa Digunakan Sebagai Pembatas Ruangan

Kompas.com - 05/04/2022, 22:39 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat membangun atau merenovasi rumah, beberapa orang memilih menggunakan dinding sebagai pemisah ruangan.

Padahal, hal ini justru dapat meningkatkan bujet yang dikeluarkan, terlebih jika ruangan baru memiliki konsep tertutup sehingga harus menambahkan pintu.

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Warna Pastel untuk Setiap Ruangan di Rumah

Selain dinding, sebetulnya ada beberapa cara atau pilihan yang dapat digunakan sebagai pembatas ruangan. Bahkan, cara ini lebih mudah dan cenderung lebih murah. Apa saja? 

Dikutip dari Real Simple, Selasa (5/4/2022), berikut ini beberapa pilihan yang dapat dijadikan pembatasa atau pemisah di ruangan. 

Rak buku

Ilustrasi rak buku.SHUTTERSTOCK / Pixel-Shot Ilustrasi rak buku.

Hal pertama yang bisa dijadikan pembatas atau pemisah ruangan adalah rak buku. Pilih rak buku berukuran tinggi dengan bagian belakangnya tertutup guna menghadirkan ilusi bahwa rak terlihat seperti dinding.

Desainer interior, Lindsay Pumpa, menuturkan, selain rak buku yang tinggi, rak buku terbuka dapat digunakan sebagai pembatas ruangan.

“Rak buku memberikan ketinggian dan kedalaman dari apa yang dihadirkan dinding secara alami dan menawarkanmu lebih banyak kesempatan mendekorasi ruangan sembari membiarkan cahaya mengalir masuk,” jelas Pumpa.

Baca juga: 4 Jenis Gorden dan Cara Menggunakannya di Ruangan

Tirai rantai logam

Ingin tampilan unik pada ruangan? Pasanglah tirai rantai logam pada ruangan yang ingin kamu pisah. Katie Six, Design Director di Anderson Design Studio, menuturkan tirai rantai logam dapat menghadirkan dampak tidak biasa pada ruangan tersebut.

Menurut Six, cara ini memberi kesan groovy pada ruangan sembari memecah ruangan berukuran besar.

Baca juga: Ingin Membeli Karpet? Perhatikan Ukuran Ruangan Terlebih Dulu

Sofa dan lemari buffet

Ilustrasi pembatas ruangan, ilustrasi apartemen tipe studio. Shutterstock/Enrika Samulionyte Ilustrasi pembatas ruangan, ilustrasi apartemen tipe studio.

Menempatkan furnitur secara strategis merupakan cara sederhana memisahkan ruangan dengan alami.

Selain rak buku, kamu dapat memanfaatkan sofa dan lemari buffet (credenza) untuk menciptakan ruang tamu yang intim, tapi di sisi lain, menghadirkan ruang makan atau area bermain anak-anak.

Desainer interior dan pendiri DW Design, Diana Weinstein, menuturkan, dengan menggunakan furnitur, kamu memiliki pilihan memindahkan barang-barang di sekitar ruangan tanpa menghalangi cahaya alami.

“Saat menciptakan ilusi pemisah ruangan dengan furnitur, saya selalu merekomendasikan berinvestasi pada barang berkualitas yang bisa digunakan selama bertahun-tahun dan dipindahkan ke ruangan yang berbeda-beda,” ujar Weinstein. 

Baca juga: 4 Pilihan Partisi Semi Permanen Untuk Membagi Ruangan

Tanaman hias

Weinstein mengatakan, jika gemar berkebun, gunakan tanaman hias dengan pot berukuran besar sebagai pemisah ruangan.

“Selain menciptakan privasi dalam suatu ruangan, kamu membawa warna, perasaan hidup, dan energi luar biasa dengan tanaman hidup. Tanaman juga bagus untuk kualitas udara,” jelas Weinstein.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com