Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali, Ini Gejala Scabies pada Kucing yang Tidak Boleh Disepelekan

Kompas.com - 18/03/2022, 16:38 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com Scabies adalah salah satu penyakit kulit yang bisa menyerang kucing peliharaan. Penyakit ini menyebabkan kulit terasa gatal sehingga membuat kucing lebih sering menggaruk dari biasanya.

Elfan B. Darmawan, dokter hewan sekaligus pengurus Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Bekasi, Jawa Barat, mengatakan penyakit scabies disebabkan tungau berukuran sangat kecil dan mudah menyerang pada kucing dengan gangguan kesehatan. 

Baca juga: 12 Fakta Menarik Kucing Munchkin, Si Gesit yang Berkaki Pendek

“Kalau ada gangguan kesehatan, kebersihan, alergi terhadap makanan, itu paling mudah menyerang. Harus lebih bersih bulunya, lingkungan tidak lembap,” jelasnya kepada Kompas.com, Kamis (17/3/2022).

Elfan mengungkapkan, ada beberapa ras kucing tertentu yang lebih mudah terkena scabies karena memiliki kulit yang lebih sensitif, di antaranya kucing Siam, Himalaya, Ragdoll, dan Birman 

Bahkan, ras kucing tersebut dapat menurunkan kondisi kulitnya yang sensitif terhadap scabies pada anak-anaknya. Karena itu, perlu merawat ras kucing ini dengan ekstra hati-hati.

Baca juga: Apakah Kucing Suka Mendengarkan Musik? Simak Penjelasannya

Apa saja gejala scabies pada kucing?

Ilustrasi kucing, ilustrasi scabies pada kucing.SHUTTERSTOCK / M. Sam Ilustrasi kucing, ilustrasi scabies pada kucing.

Ada beberapa gejala yang menandakan kucing peliharaan mengidap scabies selain intensitas menggaruk yang lebih sering dari biasanya.

“Seperti penebalan di tepi telinga, di ujung. Nanti akan turun ke mata dan hidung,” jelas Elfan.

Adapun penebalan ini akan membentuk seperti kerak dan terasa kasar jika disentuh serta dapat menjalar ke area cakar jika kucing sering menggaruknya.

Baca juga: Benarkah Minyak VCO Dapat Mengobati Ragam Penyakit Kulit pada Kucing?

Lambat laun, jika tidak segera diobati secara profesional oleh dokter hewan, scabies dapat menyebar ke seluruh tubuh dan terasa semakin gatal.

Disadur dari Fetch by WebMD, Jumat (18/3/2022), kucing juga akan menjilat dan menggigit bagian tubuh yang terkena scabies guna meredakan rasa gatal.

Akan tetapi, perilaku ini justru dapat memperburuk kondisi kulit kucing sehingga menyebabkan kerontokan bulu dan peradangan pada kulit.

Walhasil, akan muncul bercak bersisik, luka, atau koreng pada kulit kucing peliharaan jika scabies tidak segera ditangani. 

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Ini Bahaya Kucing Tidak Bisa Buang Air Kecil

Scabies dapat menyebar ke bagian tubuh kucing

Ilustrasi kucing, ilustrasi scabies pada kucing.SHUTTERSTOCK / Poetra.RH Ilustrasi kucing, ilustrasi scabies pada kucing.

Scabies dapat menyebar ke seluruh tubuh kucing dan meningkatkan rasa gatal bila tidak ditangani segera. Dikutip dari Pet Coach, Jumat (18/3/2022) penyebaran dapat dimulai dari telinga, wajah, kelopak mata, dan leher.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com