Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mowilex Kembali Tanam 10.000 Bibit Mangrove di Langkat

Kompas.com - 15/03/2022, 20:46 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terus menggiatkan fokus pelestarian lingkungan, PT. Mowilex Indonesia (Mowilex) kembali melanjutkan penanaman pohon mangrove.

Pada kegiatan ini, Mowilex bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), khususnya Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Sumatera, serta menggandeng Lembaga Pengelolaan Hutan Desa (LPHD) Pasar Rawa, Langkat, Sumatera Utara pada Kamis (10/03/2022).

Penanaman bibit pohon sebanyak 10.000 ini merupakan rangkaian program lanjutan dari Ulang Tahun Mowilex yang ke 52 pada tahun ini.

Baca juga: Warna Cat Dinding yang Dapat Meningkatkan Mood di Rumah, Apa Saja?

“Berawal dari inisiasi para pegawai, kami terus berkomitmen untuk melakukan penanaman Mangrove, Langkat merupakan tempat ketiga kami melakukan penanaman," jelas Niko Safavi, CEO Mowilex dalam Siaran Persnya, Selasa (15/3/2022).

Niko menambahkan bahwa program ini seiring dengan program keberlanjutan Mowilex yang salah satu pilarnya termasuk menjaga lingkungan.

Selain menanam pohon, perusahaan cat satu ini turut berkontribusi dalam penghijauan pada hutan Rimba Raya yang menjadi rumah bagi ratusan Orang Utan di Kalimantan.

"Kami berkomitmen bersama Konservasi Indonesia dan Pemerintah Sumbawa untuk melindungi habitat Hiu Paus di Teluk Saleh. Upaya ini kami lakukan agar alam Indonesia tetap terjaga kelestariannya," tambah Niko.

Inisiatif ini disambut dengan baik oleh Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, yang kemudian merekomendasikan LPHD Pasar Rawa di Langkat untuk melakukan penanaman mangrove yang dikelola oleh masyarakat Langkat.

Ketua LPHD Pasar Rawa, Rudy Irwansyah menyampaikan bahwa pihaknya sangat gembira atas sumbangan 10.000 bibit mangrove dan bangga menjadi bagian di dalamnya.

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Memberi Perasaan Positif di Kamar Tidur

Pada kesempatan ini, hadir pula Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Kementerian LHK Dr. Bambang Supriyanto.

Inisiatif positif ini akan memberikan dampak bagi perbaikan lingkungan, hutan lestari, dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Acara penanaman tersebut juga dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat, H Syah Afandin, yang menyampaikan terimakasih atas kepedulian dan peran serta dunia usaha melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Mowilex Indonesia untuk menjaga lingkungan pesisir.

Afandin juga menegaskan pemerintah terus berkomitmen memberikan perhatian pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Menurutnya hal tersebut dapat berjalan maksimal dengan adanya pandangan yang sama dari seluruh elemen.

“Kami percaya bahwa apa yang kami tanam hari ini, tentunya ini adalah warisan lingkungan untuk anak cucu kita dikemudian hari.” ujar Anna Yesito Wibowo, Chief Marketing Officer Mowilex.

Baca juga: 5 Langkah Mencairkan Cat Dinding yang Kering di Dalam Kaleng

Anna menambahkan bahwa alasan Mowilex fokus untuk menanam bibit mangrove adalah Mangrove merupakan salah satu tanaman yang dapat menyerap karbon 5-10 kali lebih banyak dibandingkan pepohonan tropis lainnya.

Mangrove juga mampu menahan arus laut yang dapat mengikis daratan pantai, pohon mangrove memiliki buah yang mampu diolah menjadi berbagai bahan makanan yang dapat menjadi nilai ekonomi bagi masyarakat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com