Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Dekorasi Kursi Gantung dan Cara Memasangnya ke Plafon

Kompas.com - 22/02/2022, 14:57 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya furnitur yang menggabungkan material retro dan bentuk melengkung menjadi salah satu tren terbesar tahun ini.

Kursi gantung menjadi furnitur yang paling mewakili tren furnitur ini. Memiliki bentuk oval dan digantung pada plafon atau langit-langit, kursi gantung dapat mempercantik tampilan rumah dan memberi kenyamanan. 

Baca juga: Tips untuk Menjaga Kursi Kerja Awet dan Tahan Lama

Tak heran, banyak pemilik rumah menambahkan kursi gantung dalam dekorasi mereka, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Selasa (22/2/2022), di Instagram saja, hashtag #hangingchair menghasilkan hampir 70 ribu pengguna furnitur.

Kursi gantung umumnya terbuat dari rotan dan memiliki bentuk unik yang bisa digunakan untuk duduk, bersantai, bahkan tidur

Ide dekorasi untuk kursi gantung 

Ilustrasi kursi gantungSHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kursi gantung
Kursi gantung bekerja dengan sangat baik di ruangan empat musim atau teras dengan angin sepoi-sepoi yang dapat membuatnya bergoyang lembut.

Kursi gantung juga sering terlihat di ruang tamu bergaya bohemian yang banyak terdapat rotan dan anyaman.

Untuk mempercantik tampilan kursi gantung di ruang tamu, tambahkan sarung bantal mewah dan selimut ultra lembut guna menciptakan sudut yang nyaman untuk membaca dan bersantai. 

Baca juga: 5 Tips dalam Memilih Kursi Kerja yang Nyaman

Di kamar anak-anak, kursi gantung menyediakan tempat sempurna untuk meringkuk sepulang sekolah. Gantung satu kursi di dekat rak buku anak untuk sudut membaca yang menyenangkan.

Dari segi desain, kursi gantung hadir dalam berbagai gaya dan bahan selain rotan klasik. Jika suka bersantai di tempat tidur gantung, pertimbangkan kursi gantung yang terbuat dari makramé. 

Apabila lebih condong ke arah estetika kontemporer, kursi gelembung kaca mungkin lebih cocok. Pilih gaya yang paling sesuai dengan ruangan Anda, lalu gunakan tips yang harus diketahui ini untuk menggantung. 

Baca juga: 4 Jenis Kursi yang Wajib Dimiliki Setiap Rumah  

Cara menggantung kursi ke plafon

Ilustrasi kursi gantungSHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi kursi gantung

Sebelum membeli kursi gantung, siapkan rencana pemasangan untuk memastikan kursi tergantung dengan aman. Perangkat keras harus diamankan ke balok plafon untuk memperoleh dukungan yang tepat.

Selalu ikuti petunjuk yang diberikan produsen kursi. Beberapa kursi dilengkapi dengan perangkat keras gantungnya sendiri atau dapat membeli elemen yang diperlukan secara terpisah.

Apabila tidak ingin membuat lubang pada plafon atau tidak memiliki permukaan kokoh, letakkan kursi gantung dengan alas yang berdiri sendiri, mirip dengan tempat tidur gantung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com