Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 5 Tips Cepat dan Mudah Merapikan Rumah

Kompas.com - 08/02/2022, 16:03 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membereskan dan merapikan rumah tak hanya membuat tampilan rumah tampak rapi dan tertata, tapi juga mengatur kehidupan Anda.

Ketika menjaga rumah tetap rapi dan tertata, ada satu pepatah yang cenderung benar, yakni organisasi yang baik tidak terlihat, sementara kekacauan cenderung menatap wajah Anda. 

Baca juga: Ada Tamu Datang? Ini 6 Cara Merapikan Rumah Secepat Kilat

Dengan demikian, tetap fokus pada kekacauan sangat penting untuk menjaga rumah tetap tertata serta teratur

Kunci menjaga rumah tetap tertata dan teratur adalah merapikan rumah sesering mungkin.  Hal ini dapat dimulai dengan menangani area yang lebih kecil secara rutin. Dengan begitu, dapat kegiatan membereskan dan merapikan rumah menjadi lebih efisien. 

Untuk memudahkan tugas ini, berikut lima tips cepat dan mudah merapikan rumah dilansir dari Homes to Love, Selasa (8/2/2022). 

Baca juga: 5 Tips Paktis Merapikan Rumah dan Barang-barang ala IKEA  

Singkirkan barang yang tidak digunakan

Ilustrasi merapikan rumah; Ilustrasi menyingkirkan barang atau declutteringSHUTTERSTOCK Ilustrasi merapikan rumah; Ilustrasi menyingkirkan barang atau decluttering
Satu-satunya hal terbesar yang dapat dilakukan untuk meningkatkan tampilan rumah adalah menyingkirkan barang-barang yang tidak digunakan lagi dan barang yang sudah rusak. Setelah itu, urutkan barang-barang yang tersisa ke dalam kategori.

Letakkan barang pada tempatnya 

Simpan barang di tempat mereka digunakan berdasarkan frekuensi penggunaan. Misalnya, simpan selotip di sebelah gunting dan dekat dengan kertas kado di ruang kerja rumah dan simpan pisau di dekat talenan.

Kelompokkan barang-barang serupa bersama-sama seperti makeup dengan produk kecantikan serta pena bersama peralatan tulis. 

Selanjutnya, letakkan barang-barang yang mungkin hanya digunakan setahun sekali seperti kantong tidur atau tenda di gudang atau garasi.

Baca juga: 5 Kiat Merapikan Rumah agar Tetap Tertata dan Segar Sepanjang 2022 

 

Urutkan yang ingin dikerjakan setiap hari

Demi menghindari tumpukan dokumen, urutkan barang dengan segera, dari tagihan, kuitansi, struk belanja, dan dokumen pekerjaan. Simpan berkas-berkas yang masih dibutuhkan. Jika tidak, segera membuangnya. 

Sediakan folder atau laci untuk setiap anggota keluarga. Jika Anda mengumpulkan kliping majalah, sobek halaman yang ingin disimpan dan singkirkan yang tidak diinginkan. 

Tumpukan dokumen, kertas, dan majalah tidak hanya membuat rumah berantakan, tapi juga menciptakan debu di rumah. 

Baca juga: Jangan Buang 3 Benda Ini saat Merapikan Rumah 

Pastikan benda tetap pada tempatnya 

Ilustrasi ruang penyimpanan di rumahSHUTTERSTOCK/Africa Studio Ilustrasi ruang penyimpanan di rumah
Setelah meletakkan barang-barang pada tempatnya, periksa kembali dan pastikan barang-barang tetap berada pada tempat seharusnya. Misalnya, mainan anak-anak di kamar tidur anak dan kunci kendaraan di ruang keluarga atau area pintu masuk rumah.

Sediakan banyak ruang penyimpanan 

Solusi lain menjaga rumah tetap rapi dan tertata adalah menyediakan banyak ruang penyimpanan untuk barang-barang. Jangan biarkan setiap sudut rumah menjadi gudang untuk meletakkan barang. 

Untuk menghemat ruang, gunakan furnitur multifungsi seperti meja kopi yang memiliki ruang penyimpanan di bawahnya atau tempat tidur dengan tempat penyimpanan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com