Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Jendela yang Menghadap ke Utara

Kompas.com - 04/02/2022, 18:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap jendela memperoleh cahaya matahari meski berbeda-beda. Itulah sebabnya perlu berhati-hati meletakkan tanaman hias di ambang jendela. 

Misalnya, jendela yang menghadap ke utara hanya mendapatkan cahaya tidak langsung karena saat matahari terbit di timur dan terbenam di barat, sinar matahari tidak pernah mengenai jendela yang menghadap ke utara. 

Baca juga: Ragam Cara Unik Mendekorasi Kaca Jendela, Pilih yang Mana?

Untungnya, ada beberapa tanaman hias yang bisa tumbuh subur dalam situasi cahaya rendah seperti ini serta senang hati menetap di ambang jendela yang menghadap ke utara. Lantas, tanaman hias apa saja?

Dilansir dari Hunker, Jumat (4/2/2022), berikut sejumlah tanaman hias yang tumbuh subur diletakkan pada jendela menghadap ke utara. 

Baca juga: 5 Media Tanam yang Bisa Bikin Tanaman Hias Tumbuh Subur

 

Golden pothos (Epipremnum aureum)

Golden pothos adalah salah satu tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan karena dapat membantu menghilangkan bahan kimia seperti benzena dan triklorometil dari udara.SHUTTERSTOCK Golden pothos adalah salah satu tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan karena dapat membantu menghilangkan bahan kimia seperti benzena dan triklorometil dari udara.
Pothos adalah tanaman hias pertama yang ideal untuk diletakkan di jendela yang menghadap utara karena sangat mudah tumbuh.

Tanaman pothos juga dikenal toleran serta tumbuh bahagia di keranjang gantung di area dengan cahaya redup seperti ambang jendela yang menghadap ke utara.

Golden pothos adalah tanaman merambat dengan daun hijau dalam nuansa kuning, krem, atau putih. Goldon pothos dikenal tumbuh cepat dan membutuhkan sedikit perawatan.

Tanaman hias pothos tidak akan bermasalah jika disiram satu atau dua kali. Namun, tanaman pothos lebih suka tanah lembap, tapi jangan menyirami pothos sampai beberapa inci bagian atas tanahnya kering.

Baca juga: 7 Tanaman yang Cocok untuk Terrarium

Philodendron heartleaf (Philodendron scandens) 

Philodendron sangat mudah dirawat, termasuk jika kita ingin memilihnya sebagai tanaman hias yang bisa ditanam di air.SHUTTERSTOCK/CHENG WEI Philodendron sangat mudah dirawat, termasuk jika kita ingin memilihnya sebagai tanaman hias yang bisa ditanam di air.
Dikenal sebagai tanaman sweetheart, philodendron heartleaf memiliki daun hijau cerah berbentuk hati. Tanaman merambat tropis ini dapat tumbuh hingga 1,2 meter.

Di habitat tropis aslinya, tanamanphilodendron dapat memanjat pohon. Untuk di rumah, Anda dapat membuat tanaman hias philodendron heartleaf merambat teralis atau kolom menggunakan ikatan tanaman yang lembut.

Philodendron lebih menyukai tempat dengan cahaya rendah karena sinar matahari langsung akan membakar daunnya.

Jendela yang menghadap ke utara akan memberikan cahaya tidak langsung yang cukup untuk membuat tanaman philodendron heartleaf tetap bahagia. Ingat, siram tanaman saat tanahnya kering.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menambahkan Tanaman ke Ruangan

Tanaman ZZ (Zamioculcas zamiifolia)

Ilustrasi ZZ plant atau pohon dolarUnsplash/Kadarius Seegars Ilustrasi ZZ plant atau pohon dolar
Tanaman ZZ atau pohon dolar sangat populer karena memiliki tampilan bergaya dan minimalis dengan daun oval berwarna hijau tua serta mengkilap.

Namun, terlepas dari tampilannya, sangat mudah menjaga tanaman ZZ tetap hidup sehingga cocok bagi para pemula. 

Tanaman ZZ tumbuh dari akar seperti umbi yang disebut rimpang. Karena menyimpan air, Anda tidak perlu khawatir tanaman ZZ terkadang akan kehilangan air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com