Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kucing Menggigit Tangan Pemiliknya Saat Tengah Dibelai

Kompas.com - 03/02/2022, 19:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com -  Kebanyakan orang yang telah menghabiskan waktu dengan kucing peliharaannya akan akrab dengan interaksi sahabat bulu, dari mendengkur, menggosokkan tubuhnya ke tubuh pemiliknya, atau menggigit tangan Anda.

Beberapa pemilik kucing telah memperhatikan bahwa hewan peliharaannya akan dengan lembut menggigit tangan mereka saat dibelai. Perilaku ini sering disebut "gigitan cinta". 

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Mengintai Kucing Tua

Namun, apakah gigitan itu benar merupakan tanda cinta kucing terhadap pemiliknya? 

Dilansir dari Cuteness, Kamis (3/2/2022), kucing biasanya menggigit saat merasa terancam. Namun, hal ini berbeda dengan gigitan tanda cinta.

Gigitan cinta terjadi selama atau setelah sesi membelai dan terdiri atas gigitan lembut yang tidak merusak kulit. Kadang-kadang bisa dimulai sebagai menjilat, lalu berkembang menjadi lebih intens, dan akhirnya menggigit.

Tidak seperti gigitan agresif, ketika melakukan gigitan cinta, kucing tidak akan mendesis, menggeram, atau mencakar. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing yang Tak Mau Minum 

Mengapa kucing menggigit?

Ilustrasi membelai kucing. PEXELS/NIDA Ilustrasi membelai kucing.

Kucing akan menggigit karena sejumlah alasan, dari ketakutan, pertahanan diri, dan tindakan teritorial adalah motivator paling umum bagi kucing untuk menggigit.

Menggigit secara agresif biasanya didahului dengan bahasa tubuh yang tegang seperti telinga yang rata, ekor yang berkedut, dan tubuh yang tegang dapat menjadi tanda bahwa kucing sedang stres dan mungkin bersiap menggigit.

Belum banyak penelitian yang dilakukan tentang gigitan yang menunjukkan rasa cinta dan sebagian besar diketahui didasarkan pada pengamatan dan wawasan para ahli perilaku hewan. 

Baca juga: Perbedaan Sifat Kucing Betina dan Jantan, Apa Saja?

Lantaran perilaku ini paling sering terjadi selama Anda mengelus kucing, beberapa orang mengartikan gigitan cinta sebagai tanda kasih sayang.

Hal ini karena anak kucing sering dirawat sang induk. Induk kucing melakukan menjilat dan menggigit, diperkirakan menggunakan gigitan cinta untuk mengomunikasikan kasih sayang, bahkan sebagai cara mengatakan 'jangan berhenti mengelusku'. 

Namun, kucing gigitan cinta yang dilakukan kucing memiliki istilah teknis di dunia kedokteran hewan, yakni agresi yang dipicu belaian atau stimulasi berlebihan. 

Baca juga: 5 Alasan Kucing Tidak Suka Pintu Tertutup

Kucing memiliki folikel rambut yang sensitif dan dapat dengan mudah terstimulasi oleh belaian.

Awalnya, kucing mungkin senang dibelai, tetapi ketika mencapai ambang sensitivitas, sensasi itu berhenti terasa enak dan mulai terasa menjengkelkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com