Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Ikan Cupang Bersembunyi di Akuarium? Ini 8 Alasannya

Kompas.com - 07/01/2022, 17:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda memelihara ikan cupang di akuarium dan melihatnya bersembunyi? Ikan cupang bersembunyi bisa menjadi pertanda bahwa ada hal yang tidak beres.

Dilansir dari Betta Care Fish Guide, Jumat (7/1/2022), Anda perlu mencari tahu penyebab ikan cupang bersembunyi. Dengan demikian, Anda tahu cara terbaik untuk menanganinya.

Ada banyak alasan yang menyebabkan ikan cupang bersembunyi, dan tidak semuanya mengerikan. Berikut adalah alasan paling umum ikan cupang bersembunyi dan cara menanganinya.

Baca juga: Kenapa Ikan Cupang Ungu Langka? Ternyata Ini Penyebabnya

Ilustrasi ikan cupang. PIXABAY/NATHHAPATN APHICAYANANTHAKUL Ilustrasi ikan cupang.

1. Tidak cukup ruang persembunyian

Kedengarannya berlawanan dengan intuisi, tetapi jika tidak ada cukup tempat persembunyian di akuarium, ikan cupang mungkin akan lebih sering bersembunyi di tempat yang sama.

Alasan mengapa ini terjadi adalah karena ikan cupang tidak merasa aman.

Di alam liar, ikan cupang dapat dengan cepat menjadi mangsa ikan yang lebih besar, sehingga lebih suka berada di daerah yang banyak lubang persembunyiannya.

Jika ikan cupang merasa dia terlalu terbuka dan tidak punya tempat untuk bersembunyi, maka dia akan tetap berada di tempat persembunyiannya yang sama sepanjang waktu.

Baca juga: 10 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Menaruh Cupang Betina ke Akuarium

Solusinya adalah menambahkan lebih banyak tempat persembunyian untuk ikan cupang. Gua, kayu apung, dan tanaman akan menciptakan banyak tempat persembunyian yang beragam dan menarik untuk ikan cupang.

Sarana persembunyian ini tidak hanya akan membuat ikan cupang merasa aman, tetapi juga akan memberinya banyak tempat untuk dijelajahi sehingga dia tidak bosan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com