Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/01/2022, 15:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika sedang membersihkan rumah seperti mengepel lantai, ada satu titik yang wajib dibersihkan, yakni papan lis.

Papan lis yang terlihat kotor dan berdebu dapat membuat penampilan rumah terlihat kotor serta tidak terawat. Papan lis adalah baseboard, yang juga dikenal skirting, pembatas antara lantai dan tembok.

Baca juga: 4 Tips Memilih Lantai yang Cocok untuk Rumah

Co-founder CabinetSelect, Chris Alexakis, mengatakan biasanya papan lis tidak termasuk dalam daftar titik yang perlu dibersihkan di rumah.

“Orang-orang sering lupa membersihkannya sehingga papan lis menjadi sarang debu dan kuman,” tutur dia mengutip dari My Domaine, Jumat (7/1/2022).

Seberapa sering papan lis harus dibersihkan?

Papan lis dapat dibersihkan setiap beberapa kali sebulan agar tetap bersih. Seringnya kegiatan membersihkan titik ini juga menghalangi debu untuk menumpuk.

Jika ingin membersihkan papan lis pada akhir pekan mendatang, ada beberapa perlengkapan yang harus disiapkan, yakni:

Baca juga: Lantai Berbau Tak Sedap Setelah Dipel? 3 Hal ini Bisa Jadi Penyebabnya

  • Penyedot debu atau kemoceng.
  • Kain mikrofiber.
  • Air hangat.
  • Sabun cuci piring.
  • Ember.
  • Spons.
  • Cotton bud.
  • Opsional: cuka putih atau penghapus serta kipas.

Cara membersihkan papan lis

Sebelum mulai membersihkan papan lis, pindahkan furnitur yang menempel pada tembok terlebih dulu.

Namun, jika furniturnya terlalu berat seperti rak buku berukuran besar, kamu tidak perlu memindahkannya dan membersihkan papan lis.

Baca juga: 4 Material Lantai yang Cocok untuk Dapur Modern

  • Bersihkan debu

Sebelum mulai membersihkan papan lis, bersihkan dulu debu-debu yang menempel tembok. Dengan begitu, tidak akan ada debu yang turun dari tembok ke papan lis ketika kamu sedang membersihkannya.

Setelah semua debu menempel di tembok hilang, bersihkan bagian atas papan lis. Kemudian, bersihkan permukaan papan lis dari atas ke bawah.

Untuk membersihkan papan lis, kamu bisa menggunakan penyedot debu atau kemoceng. Alternatifnya, gunakan kain mikrofiber yang kering. 

Baca juga: Cara Membersihkan Lantai dan Dinding Keramik Kamar Mandi Pakai Cuka 

  • Siapkan larutan pembersih

Papan lis dapat dibersihkan hanya dengan kain lembap. Namun, tidak ada salahnya  mempersiapkan hal lainnya seperti larutan pembersih.

Manager Bio Recovery, Kevin Geick, menuturkan bahwa larutan pembersih yang dibuat di rumah biasanya cukup untuk membersihkan papan lis secara menyeluruh.

Untuk membuat larutan pembersih, tuangkan sekitar dua liter air ke dalam ember untuk dicampur dengan beberapa tetes sabun cuci piring. 

Baca juga: 5 Manfaat Menambahkan Ruang Berjemur di Rumah

  • Mulai membersihkan papan lis

Kini saatnya kamu membersihkan papan lis. Celupkan kain mikrofiber atau spons ke dalam larutan pembersih, dan peras untuk menghilangkan air berlebih.

Selanjutnya, lap papan lis secara perlahan dengan gerakan dari atas ke bawah menggunakan kain mikrofiber atau spons itu. 

Jika kain atau spons sudah kotor, celupkan kembali ke dalam larutan pembersih dan peras agar air berlebihnya tidak kemana-mana.

Baca juga: 6 Jenis Lantai Terbaik untuk Ruang Bawah Tanah yang Sesuai Kebutuhan 

  • Manfaatkan cotton bud

Jika ada titik yang masih berdebu atau memiliki noda dan susah dijangkau, gunakan cotton bud yang telah dicelupkan ke larutan pembersih.

  • Biarkan mengering

Setelah papan lis bersih mengkilap, biarkan mengering terlebih dulu sebelum memindahkan kembali furnitur guna menghindari jamur berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber My Domaine
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com