Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2021, 15:35 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Tak semua serangga adalah hama yang merugikan bagi tanaman. Sebaliknya, ada sejummlah serangga yang bermanfaat bagi tanaman bahkan membantu penyerbukan tanaman.

Melansir dari Good House Keeping pada Kamis (25/11/2021) berikut ini 10 serangga yang baik untuk tanaman.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Daftar Hama Paling Berbahaya Bagi Tanaman

Tawon Braconid

Betina dewasa dari spesies ini menyuntikkan telurnya ke serangga inang, termasuk ulat, ngengat, larva kumbang, dan kutu daun.

Larva kemudian makan di dalam inangnya dan inangnya mati setelah larva menyelesaikan perkembangannya.

Serangga ini baik untuk tanaman nektar dengan bunga kecil seperti dill, peterseli, wortel liar, dan yarrow untuk dibawa ke kebun Anda.

Baca juga: Cara Membuat Sabun Insektisida untuk Mencegah Hama Tanaman

Nabidae

Nabidae memakan kutu daun, ulat kecil, wereng, thrips, dan hama tanaman lainnya. Kumpulkan serangga ini dari ladang menggunakan jaring penyapu lalu lepaskan mereka ke dalam dan sekitar kebun sayur Anda.

Kumbang tanah

Kumbang tanah adalah predator dari siput, ulat, belatung kubis dan hama lainnya Satu larva kumbang saja bisa memakan lebih dari 50 ulat.

Tanam tanaman keras di antara tanaman kebun untuk habitat yang stabil, atau semanggi putih sebagai penutup tanah di kebun.

Baca juga: Banyak Hama di Rumah? Basmi dengan 8 Bahan Alami Ini

Serangga sayap jala

Baik serangga sayap jala dewasa maupun larva, mereka memakan kutu daun, ulat, kutu putih, sisik, thrips, dan lalat putih. Serangga ini menyukai tanaman bunga seperti oreopsis, cosmos, dan sweet alyssum.

Kumbang

ilustrasi kumbang lady atau lady beetleUnsplash/Diana Parkhouse ilustrasi kumbang lady atau lady beetle

Kumbang memakan kutu daun, tungau, dan kutu putih. Serangga ini akan senang berada di kebun yang dikelilingi tanaman angelica, coreopsis, dill, fennel, dan yarrow.

Baca juga: Simak, Cara Menangani Hama Lalat Buah pada Tanaman Cabai

Orius

Serangga bajak laut hitam-putih yang bergerak cepat akan menyerang hampir semua serangga pengganggu tanaman. Sejumlah tumbuhan seperti goldenrods, aster, alfalfa, dan yarrow akan menarik serangga bermanfaat ini untuk singgah ke kebun Anda.

Kumbang prajurit

Kumbang prajurit memakan kutu daun dan ulat, serta serangga lainnya ermasuk spesies yang tidak berbahaya dan bermanfaat. Pikat serangga terbang ini dengan menanam catnip, goldenrod, dan hydrangea.

Baca juga: Cara Mengatasi dan Mencegah Hama pada Tanaman Cabai

Lalat tachinid

Larva lalat tachinid menggali jalan mereka ke banyak ulat, menghancurkan hama tanaman dari dalam. Tanam dill, peterseli, semanggi manis, dan herba lainnya untuk menarik lalat dewasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com