Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Penyebab Anakan Aglonema Tumbuh Lambat dan Kurang Subur

Kompas.com - 11/10/2021, 19:25 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat anakan aglonema adalah salah satu kegiatan yang makin banyak dilakukan pencinta aglonema.

Namun, merawat anakan aglonema tak terlepas dari berbagai permasalahan, di antaranya  anakan aglonema yang lambat membesar dan kurang subur. Hal ini disebabkan beberapa hal. 

Dikutip dari kanal Youtube Hobi Bunga, Senin (11/10/2021), berikut ini tiga penyebab anakan aglonema tumbuh lambat dan kurang subur. 

Baca juga: Ingin Merawat Anakan Aglonema? Ini Hal yang Harus Dihindari

Media tanam yang digunakan terlalu banyak campuran

Penyebab utama anakan aglonema yang tumbuh lambat karena menggunakan media tanam yang terlalu banyak campuran.

Karena itu, disarankan mengganti media tanam anakan aglonema dengan yang baru. Sebaiknya, cukup gunakan tiga bahan campuran, yakni tanah (satu bagian), sekam (dua bagian), dan pupuk kandang atau kompos (setengah bagian).

Tanah adalah bahan pokok untuk media tanam setiap tanaman. Sekam berguna menjaga kelembapan dan membuat media tanam tidak terlalu padat. 

Baca juga: Trik Merawat Anakan Aglonema agar Cepat Besar

Jika hanya menggunakan tanah, media tanam anakan aglonema akan terlalu padat sehingga membuat akar aglonema susah keluar dan berkembang.

Setelah itu, pupuk kandang atau kompos berguna menambah nutrisi dan unsur hara yang ada di dalam tanah atau media tanam.

Hal ini membuat media tanam memiliki cukup nutrisi yang bisa membantu pertumbuhan anakan aglonema. Campurkan ketiga bahan tersebut menjadi satu untuk media tanam anakan aglonema. 

Baca juga: 3 Langkah Membuat Aglonema Cepat Bertunas

Kurang atau jarang diberikan vitamin B1

Sebagian besar aglonema dapat bertahan hidup pada kondisi cahaya yang redup, sehingga dapat diletakkan di kamar tidur.UNSPLASH/SEVERIN CANDRIAN Sebagian besar aglonema dapat bertahan hidup pada kondisi cahaya yang redup, sehingga dapat diletakkan di kamar tidur.
Vitamin B1 merupakan nutrisi penting bagi tanaman aglonema, terutama yang masih anakan. Vitamin B1 bermanfaat menyegarkan dan membantu menghilangkan stres pada tanaman sehingga membuat tanaman lebih segar dan tidak mudah sakit.

Caranya, larutkan vitamin B1 khusus tanaman dengan air sesuai dengan takaran yang dianjurkan, lalu semprotkan ke daun aglonema setiap dua hari sekali pada pagi hari. 

Baca juga: Cara Merawat Anakan Aglonema agar Cepat Besar

Namun, kalau sulit mendapatkan vitamin B1, gunakan alternatif alami, yakni air leri atau air cucian beras. Namun, air cucian beras tidak boleh disemprot, apalagi disiramkan ke daun aglonema.

Siram air cucian beras ke media tanam anakan aglonema secukupnya, minimal satu kali seminggu agar anakan aglonema terus segar dan lebih cepat suburnya. 

Baca juga: Tips Merawat Anakan Aglonema agar Cepat Besar dan Tak Mudah Sakit

Terlalu sering ganti pupuk daun

terlalu sering mengganti pupuk daun menjadi penyebab anakan aglonema tumbuh lambat dan kurang subur.

Pupuk daun yang diberikan pada tanaman pada dasarnya memiliki kandungan yang sama, yakni natrium (N), fosfor (P) ,dan kalium (K).

Namun, jumlah kandungan natrium, fosfor, dan kalium pada beragam jenis pupuk memiliki persentase berbeda. Jadi, jangan sering-sering mengganti pupuk daun.  

Baca juga: 5 Cara Membuat Anakan Aglonema Cepat Besar dan Subur

Bila sering mengganti pupuk daun membuat anakan aglonema harus beradaptasi dengan pupuk daun yang baru. 

Sebaiknya, gunakan salah satu pupuk daun selama satu bulan terlebih dahulu. Jika setelah satu bulan tidak ada perubahan, kamu bisa menggantinya dengan pupuk daun yang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com