Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2021, 19:26 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kasur yang bersih dan rapi dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Ketika keadaan kasur bersih, akan memberikan kenyamanan dan membuat seseorang tidur lebih nyenyak.

Sebaliknya, ketika kasur dalam keadaan berantakan, terlebih bau, akan membuat tidur menjadi tidak nyaman. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Urine dan Bau Pesing di Kasur

Seperti dilansir dari Hunker, Selasa (6/7/2021), kasur yang bau bisa berasal dari beberapa hal. Mulai dari, hewan peliharaan, kotoran anak-anak, hingga kelembapan yang menyebabkan jamur dan bau tak sedap.

Karena itu, ketika mendapati kasur yang bau, Anda bisa mengatasinya dengan cuka, soda kue atau baking soda, atau sinar matahari. Berikut beberapa cara menghilangkan bau tak sedap pada kasur

Baca juga: Tips Menggunakan Kasur Lipat Tembok pada Kamar yang Sempit

Keringkan 

Untuk mengatasi kasur yang berbau tak sedap karena basah dan lembap, letakkan ke udara segar dan kelembapannya akan menguap.

Lepaskan semua selimut, bantal, dan seprai, lalu buka pintu dan jendela agar sirkulasi udara masuk ke ruangan.

Setelah satu sisi kering, balik kasur untuk mengeringkan sisi lainnya. Mungkin perlu satu atau dua hari agar kasur benar-benar kering. 

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Kasur dengan Lotion Anti Nyamuk

Selain itu, Anda juga dapat meminta seorang untuk membantu membawa kasur ke luar untuk dijemur. Membiarkan kasur kering di bawah sinar matahari adalah pilihan terbaik karena sinar matahari dapat membunuh jamur aktif dan merupakan pewangi alami. 

Vakum dan netralkan 

Meski tidak dapat melihatnya, kasur Anda yang pengap mungkin memiliki lapisan tipis jamur di permukaannya dan akan tetap ada di sana. Jamur itu kemudian siap untuk hidup kembali setelah kering. 

Inilah mengapa penting menyedot debu kedua sisi secara menyeluruh. Setelah selesai, kosongkan kantong vakum di luar untuk mencegah spora terbang kembali ke kasur tempat asalnya. 

Baca juga: Cara Mudah dan Cepat Membersihkan Kasur

Ini juga penting dilakukan untuk menghilangkan bau apek. Namun, jika tidak berhasil, gunakan cuka atau soda kue untuk menyeimbangkan pH serat kasur.

Cuka bersifat asam dan soda kue bersifat basa. Menggunakan keduanya saat bersamaan adalah hal sia-sia karena bisa menghilangkan manfaat satu sama lain.

Namun, jika menggunakan salah satunya, menunggu sebentar, kemudian menggunakan yang lain, Anda dapat menciptakan lingkungan netral. Mikroorganisme penyebab bau tidak dapat bertahan hidup. Nah, berikut cara melakukannya: 

Baca juga: 5 Tanda Kasur Harus Segera Diganti

Langkah 1: Oleskan cuka terlebih dahulu 

Isi botol semprot dengan cuka putih suling dan semprotkan ke seluruh kasur sampai permukaannya terasa lembap. Setelah selesai, balikkan kasur dan semprotkan ke sisi lainnya. Biarkan kasur mengering. 

Langkah 2: Oleskan baking soda 

Kemudian, sebarkan baking soda di satu sisi kasur dan biarkan semalaman, lalu vakum. Balikkan kasur dan ulangi di sisi yang lain. 

Baca juga: 7 Trik Menata Kamar Tidur Sempit dengan Kasur Besar

Langkah 3: Memanfaatkan sinar matahari 

Menjemur kasur di luar di bawah sinar matahari merupakan solusi baik. Berdirikan kasur sehingga udara dan sinar matahari dapat mencapai kedua sisi. Menjelang sore hari, angkat kasur dan letakkan kembali di kamar tidur

Tidak bisa menjemur kasur di luar ruangan? 

Namun, jika Anda tidak bisa menjemur kasur di luar ruangan, Anda dapat melakukan prosedur secara bertahap. Semprotkan cuka di satu sisi, kemudian biarkan kering, dan oleskan baking soda. Balikkan kasur setelah menyedot soda kue dan lakukan sisi lainnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com