Kompas.com - 10/06/2021, 22:00 WIB
Ilustrasi kasur Unsplash/Febrian ZakariaIlustrasi kasur

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas dipengaruhi beragam faktor, salah satunya kasur. Kasur yang bersih dan berkualitas tak hanya memberi kenyamanan dan ketenangan, tapi juga membantu memperoleh kualitas tidur.

Sayangnya, banyak orang kurang memperhatikan kondisi dan kualitas kasur mereka. Bahkan, mereka tetap menggunakan kasur yang telah lama dan rusak untuk tidur. 

Baca juga: Cara Mudah dan Cepat Membersihkan Kasur

Padahal, kemampuan kasur untuk menopang tubuh sudah tidak maksimal. Belum lagi, masalah kesehatan yang ditimbulkan.

Melansir dari Reader's Digest, Kamis (10/6/2021), Better Sleep Council merekomendasikan untuk mengganti kasur setiap tujuh hingga sepuluh tahun, tergantung pada kondisi kasur.

Perlu diketahui, usia kasur sangat tergantung pada bagaimana merawatnya, seberapa sering memutarnya, dan bagaimana Anda tidur di atasnya. 

Baca juga: 6 Cara Rumahan Atasi Kutu Busuk di Kasur

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, kasur bisa kehilangan kekuatannya atau mengalami kerusakan lebih cepat dari usianya. Nah, berikut ini lima tanda kasur harus segera diganti.

Tungau debu

Kasur menjadi tempat favorit bagi tungau untuk berkembang biak. Kasur yang telah lama dan jarang dibersihkan tentu membuat tungau semakin berkembang seiring waktu. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda di Kasur, Bisa Pakai Cuka dan Sabun Cuci Piring

Penumpakan tungau di kasur ini mendatang sejumlah masalah kesehatan seperti alergi dan asma. Untuk itu, apabila kasur telah mengumpulkan banyak tungau dan membuat alergi, segera mengganti kasur sebelum tujuh tahun. 

Kurang tidur

Kasur bukan sekadar tempat untuk tidur. Kasur juga harus menunjang untuk memperoleh tidur yang nyenyak dan berkualitas. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kasur yang Benar, Lakukan 6 Bulan Sekali

Namun, bila kasur sudah tidak memberikan hal tersebut, saatnya mempertimbangkan untuk mengganti kasur. Apalagi, mengingat, kurang tidur telah dikaitkan dengan penyakit jantung, ginjal, serta diabetes.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X