Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengajari Kucing Agar Mau Tos Sambil Jalin Ikatan

Kompas.com - 14/06/2021, 18:38 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com--Menjalin ikatan dengan kucing bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengajarkan kucing tos atau high five.

Selain untuk menjalin ikatan, mengajarkan tos juga akan memberikan stimulasi mental pada kucing.

Untuk memulai latihan trik dengan kucing, mulailah dengan sesi singkat. Lima sampai 10 menit adalah waktu yang cukup untuk berlatih setiap harinya.

Kucing menyukai rutinitas, jadi dengan menetapkan jadwal harian, kamu bisa membantu Si Manis bersemangat untuk waktu pelatihan.

Salah satu trik kucing pemula adalah mengajari mereka high five atau tos. Trik yang tampak mengesankan ini hanya mengharuskan kucing mengangkat salah satu tangnnya, tentu saja, dengan gerakan memukul, yang merupakan gerakan yang sangat alami dan mudah untuk dia lakukan.

Tapi ingat ya, jangan terlalu memaksakan latihan, karena kegiatan ini harus menjadi pengalaman yang menyenangkan dan santai bagi kamu dan kucingmu.

Baca juga: Gejala dan Penyebab Infeksi Mata Pada Kucing

Mulai latihan

Dilansir dari Catster, Senin (14/6/2021), mulailah dengan mengeluarkan makanan favorit kucing yang tidak terlalu sering dia dapatkan.

Ayam beku-kering atau ayam panggang juga bagus. Kerutkan atau goyangkan tas untuk membuat kucing bersemangat untuk waktu pelatihan.

Pegang camilan di depan kucing setinggi bahu, ketika dia mengulurkan tangan, katakan padanya dia "pintar.." dan tindak lanjuti dengan hadiah.

Berlatihlah selama beberapa hari, beberapa menit setiap kali. Jika dia kesulitan dengan ini, angkat sedikit camilan di atas kepalanya.

Namun, cara yang sama mungkin akan berbeda jika diterapkan pada kucing lain. Jadi jika kamu memiliki lebih dari satu kucing, cobalah level yang berbeda untuk melihat apa yang menarik perhatian kucing untuk mengangkat kakinya.

Baca juga: Bisakah Kucing Terkena Rabies? Ini Penjelasan dan Gejalanya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com