Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 07/02/2023, 11:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman hias tidak hanya di pot atau di tanah di halaman rumah. Anda juga bisa menanam tanaman hias di air.

Dilansir dari The Spruce, banyak tanaman hias secara genetik dapat membentuk akar dari potongan tanaman yang terkena kelembaban. Ini adalah adaptasi bertahan hidup dan propagasi.

Selain itu, menanam tanaman di air adalah salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbanyak koleksi tanaman hias tanpa biaya.

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Hias Menggunakan Media Air dan Botol Kaca

Berikut beberapa jenis tanaman hias yang bisa ditanam di air.

Ilustrasi tanaman hias african violet. SHUTTERSTOCK/SUNNY_SMILE Ilustrasi tanaman hias african violet.

1. African violet

Menanam African violet dalam air dari daun biasanya merupakan cara yang baik untuk mendapatkan pembanyakan dari tanaman induknya. Pilih daun African violet yang muda dan sehat untuk memulai tanaman baru.

Potong daun dengan batang sekitar dua inci, dan letakkan daun di dalam botol berleher sempit yang membuat daun menggantung dan kering.

Akar membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk terbentuk. Seiring waktu akan terbentuk planlet kecil, lengkap dengan mahkotanya sendiri.

Baca juga: Daftar Tanaman Hias yang Mampu Bantu Dinginkan Rumah

2. Baby's tears

Tanaman hias ini memiliki sekumpulan daun kecil pada tanaman merambat yang membentuk tikar trailing yang padat namun halus.

Jepit sekelompok batang, dengan atau tanpa akar, dan perhatikan betapa mudahnya tanaman ini beradaptasi untuk tumbuh di air.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com