Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Selatan Kerahkan 2.700 Perawat Tambahan di Tengah Aksi Mogok Ribuan Dokter

Kompas.com - 12/04/2024, 12:33 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Yonhap

SEOUL, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan Korea Selatan mengatakan, lebih dari 2.700 perawat asisten dokter (PA) tambahan yang akan dikerahkan ke rumah sakit untuk meminimalkan gangguan sistem medis di tengah aksi mogok ribuan dokter magang atau dokter peserta pelatihan.

Seperti diketahui, lebih dari 90 persen dari 13.000 dokter muda di Korea Selatan telah mengundurkan diri atau mogok kerja sebagai bentuk protes sejak 20 Februari.

Mereka melakukannya sebagai protes atas keputusan Pemerintah Korea Selatan untuk meningkatkan jumlah kursi sekolah kedokteran sebanyak 2.000 kursi mulai tahun depan dari 3.058 kursi saat ini.

Baca juga: Presiden Korea Selatan Akhirnya Mau Berkompromi, Minta Ribuan Dokter Kembali Kerja

Aksi mogok tersebut telah menyebabkan kekacauan besar di bidang medis, karena para dokter pelatihan memainkan peran penting di rumah sakit-rumah sakit besar.

Alhasil, perawat asisten dokter serta staf medis lainnya telah dikerahkan untuk mengisi kekosongan tersebut.

Sebagaimana diberitakan Yonhap, Kementerian Kesehatan Korea Selatan mencatat pada akhir Maret lalu, terdapat 8.982 perawat asisten dokter yang bekerja di 375 rumah sakit umum di seluruh negeri dan pemerintah berencana menambah 2.715 perawat sehingga jumlah totalnya menjadi sekitar 12.000.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Pemerintah Korea Selatan mengatakan akan melakukan program pendidikan dan pelatihan intensif bagi PA tersebut mulai minggu depan.

Pemerintah mengaku terbuka untuk melakukan pembicaraan.

Baca juga:

Presiden Yoon Suk Yeol sendiri telah bertemu dengan ketua kelompok dokter peserta pelatihan yang mogok pada awal bulan ini. Namun, belum ada terobosan langsung yang dilaporkan.

Pemerintah Korea Selatan juga menekankan perlunya peningkatan kuota penerimaan untuk mengatasi kekurangan dokter, khususnya di daerah pedesaan dan bidang medis penting, seperti bedah berisiko tinggi, pediatri, kebidanan, dan pengobatan darurat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com