Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Influencer" Dubai Ditangkap karena Bikin Konten Foya-foya Beli Mobil

Kompas.com - 24/07/2023, 12:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

DUBAI, KOMPAS.com - Polisi Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), menangkap influencer bernama Hamdan Al Rind karena konten berfoya-foya membeli mobil dan dinilai menyindir gaya hidup warga kota tersebut.

Pemilik akun TikTok Car Expert itu mengunggah video dirinya membeli mobil-mobil mewah dengan melemparkan segepok uang tunai kepada pegawai dealer yang kebingungan.

Ia juga menanyakan mobil apa yang termahal di showroom, kemudian ditunjukkan Ferrari SF90 seharga 600.000 dollar AS (Rp 9 miliar).

Baca juga: Viral Influencer Tak Keramas Pakai Sampo Bertahun-tahun, Ini Rahasianya Bersihkan Rambut

Dikutip dari New York Post pada Kamis (13/7/2023), Dubai lebih toleran daripada sebagian Timur Tengah tetapi ada larangan sindiran kritis terhadap otoritas atau menghina negara Uni Emirat Arab.

Hamdan Al Rind adalah penduduk UEA berkebangsaan Asia. Ia memiliki 2,8 juta pengikut di TikTok dan beberapa videonya mencapai jutaan views.

Dalam video yang menjadi kasus, ia mengenakan kandura--jubah putih panjang yang biasa dikenakan pria Emirat--kacamata hitam, dan masker wajah.

Dia berbicara dalam bahasa Inggris dengan aksen Arab kental, mengucapkan sepotong-potong kalimat kepada pegawai dealer, sedangkan asistennya mengangkut tandu yang penuh tumpukan uang tunai.

Lembaga Penuntutan Federal mengatakan, Hamdan Al Rind dituduh menyalahgunakan internet dengan mengunggah propaganda yang memicu opini masyarakat dan merugikan kepentingan publik.

Dikatakan pula, video itu memperkenalkan citra jiwa yang salah dan menyinggung warga Emirat serta mengejek mereka, lapor kantor berita WAM yang dikelola negara.

Laporan WAM menggambarkan video tersebut, tetapi tidak mencantumkan nama pengunggah konten dan kewarganegaraannya.

Tidak diketahui kapan Hamdan Al Rind ditangkap atau hukuman apa terancam dia hadapi.

Baca juga: Hilang 18 Tahun, Ferrari Paling Lambat Sepanjang Masa Kini Jadi Sengketa

Ahmed Mansour selaku pemilik Luxury Super Car Rentals Dubai, tempat Hamdan Al Rind merekam videonya, mengira pria itu adalah warga negara UEA.

"Dia masuk, dia ingin merekam video, saya bilang 'ya'. Jika itu tidak terjadi di showroom saya, itu mungkin akan terjadi di tempat lain," katanya kepada Associated Press.

“Beberapa orang menganggapnya menyinggung, beberapa orang menganggapnya lucu, setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing.”

"Saya pikir dia mengerti hukum," tambah Mansour.

Hamdan Al Rind memiliki dealer mobil sendiri di UEA. Ia sempat mengunggah video satir lainnya, termasuk yang viral dengan menggambarkan orang kaya UEA membeli mobil untuk masing-masing dari keempat istrinya.

Selain konten satir, Hamdan Al Rind juga mengunggah video tutorial cara memperbaiki kendaraan.

Baca juga: Video Ledakan Misterius di Johannesburg, Mobil Beterbangan, 1 Orang Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com