Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situasi Ibu Kota Rusia Pasca-Kembalinya Pemberontak Wagner ke Pangkalan

Kompas.com - 25/06/2023, 20:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

MOSKWA, KOMPAS.com - Tentara bayaran Rusia Wagner yang bersenjata lengkap ditarik keluar dari kota Rostov Rusia selatan semalam setelah menghentikan penyerbuan mereka di Moskwa.

Ini terjadi di bawah kesepakatan yang yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap otoritas Presiden Vladimir Putin.

Di bawah kesepakatan, yang dimediasi oleh Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, para pejuang kelompok Wagner akan kembali ke pangkalan dengan imbalan jaminan keselamatan mereka dan pemimpin mereka, Yevgeny Prigozhin, akan pindah ke Belarusia.

Baca juga: Dampak Pembangkangan Wagner, Singapura Imbau Warganya di Rusia Tetap di Rumah

Namun, dilansir dari Reuters. pemberontakan yang dibatalkan menimbulkan pertanyaan besar tentang cengkeraman Putin di negara yang telah dia pimpin dengan tangan besi selama lebih dari dua dekade.

Menteri luar negeri Italia, menggemakan analis lain, mengatakan bahwa aksi Wagner telah menghancurkan mitos persatuan Rusia.

Prigozhin, mantan sekutu Putin, yang pasukannya melakukan pertempuran paling berdarah dalam perang 16 bulan di Ukraina, mengatakan keputusannya untuk maju ke Moskwa dimaksudkan untuk menyingkirkan komandan Rusia yang korup dan tidak kompeten yang dia salahkan karena merusak perang.

Dia terlihat meninggalkan markas militer distrik di Rostov, ratusan mil selatan Moskwa, pada Sabtu malam dengan kendaraan sport, tetapi keberadaannya pada Minggu (25/6/2023) tidak segera jelas.

"Dalam 24 jam kami mencapai jarak 200 km dari Moskwa. Saat ini kami tidak menumpahkan setetes darah pejuang kami," kata Prigozhin, yang mengenakan seragam tempur lengkap di lokasi yang dirahasiakan, dalam sebuah video pada malam sebelumnya.

"Memahami ... bahwa darah Rusia akan tertumpah di satu sisi, kami memutar tiang kami dan kembali ke kamp lapangan seperti yang direncanakan," ujarnya.

Setelah merebut Rostov, pusat logistik belakang utama untuk invasi Rusia ke Ukraina, tentara bayaran menuju ke utara pada hari Sabtu dalam apa yang disebut Prigozhin sebagai pawai untuk keadilan.

Baca juga: Peran Lukashenko, Presiden Belarus yang Tengahi Konflik Wagner Vs Rusia

Mereka mengangkut tank dan truk lapis baja dan menghancurkan barikade yang didirikan untuk menghentikan mereka, video menunjukkan.

Moskwa telah mengatakan kepada penduduk untuk tinggal di dalam rumah dan mengerahkan tentara sebagai persiapan untuk kedatangan tentara bayaran, yang tampaknya mendapat sedikit tekanan dari angkatan bersenjata reguler.

Ibu kota Moskwa sendiri tenang pada hari Minggu, menyusul kesepakatan untuk mengurangi ketegangan, dengan sedikit bukti peningkatan keamanan di jalan-jalan.

Baca juga: Kata Presiden Ukraina soal Pasukan Wagner Berontak Lawan Rusia

Senin (26/6/2023) telah dinyatakan sebagai hari non-kerja untuk memberikan waktu untuk penyelesaian masalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com